Kesehatan

10 Makanan yang Tidak Sehat dan Akibat yang Ditimbulkan


Hindari makanan yang tidak sehat. Jangan terbiasa mengonsumsinya kalau tidak mau dibayangi penyakit berbahaya.

Bagaimanapun tubuh adalah titipan Tuhan yang harus dijaga dengan baik. Dari pada dibayangi penyakit yang bikin tubuh menderita, lebih baik fokus pada makanan sehat yang lebih bermanfaat buat tubuh dan berdampak baik dalam jangka panjang.

Meskipun memang kebanyakan makanan tidak sehat memiliki rasa yang menggoda, kita tetap harus menahannya.

Artikel ini akan membahas beberapa contoh makanan tak sehat beserta akibatnya. Selamat menyimak.

Contoh makanan yang tidak sehat yang harus dihindari berikut akibatnya

Contoh Makanan Yang Tidak Sehat Dan Harus Dihindari Serta Akibatnya

Contoh Makanan Yang Tidak Sehat

Berikut ini beberapa contoh makanan tak sehat yang seharusnya diwaspadai karena dapat merusak tubuh:

1. Chip kentang dan kentang goreng

Kentang memang menjadi salah satu contoh sumber karbohidrat kompleks yang bagus buat tubuh. Namun, bila diolah dengan cara yang tidak benar, maka hasilnya juga kurang bagus.

Contohnya adalah saat kentang dibuat menjadi kentang goreng dan dijual cepat saji. Selain itu, kentangnya juga tidak jadi sehat manakala sudah dalam bentuk camilan kemasan berisi chip kentang dengan aneka bumbu yang biasanya dijual di minimarket atau toko kelontong.

Bila dikonsumsi secara berlebihan, kentang yang seharusnya sehat dan bagus buat mengendalikan berat badan justru bisa menyebabkan kenaikan berat badan.

2. Daging olahan

Kalau Anda makan dagingnya saja dengan cara pengolahan yang bagus, maka ini akan menyehatkan. Namun, jika dagingnya berupa olahan seperti nugget, sosis, atau olahan lain, maka hasilnya sudah beda.

Pasalnya, dalam pengolahannya, daging sudah kehilangan nilai nutrisinya sehingga tidak bisa disalurkan secara maksimal ke tubuh.

Apalagi biasanya juga ada tambahan bahan pengawet agar bisa tahan lama. Jika dikonsumsi berlebihan, daging olahan bisa mengakibatkan diabetes melitus, penyakit jantung, hingga stroke.

3. Gorengan (makanan yang digoreng dan dibakar)

Gorengan memang rasanya selalu menggiurkan. Cukup dengan melihatnya saja sudah bikin ngiler sendiri. Namun, perlu diketahui bahwa makanan tidak sehat ini mengandung lemak jahat. Apalagi jika minyak goreng yang dipakai sudah digunakan berulang kali.

4. Makanan cepat saji atau junk food

Jika Anda benar-benar ingin menerapkan pola hidup bersih dan sehat, maka hindarilah makanan cepat saji atau junk food. Pilihan yang banyak dan rasanya yang menarik memang selalu bisa membuat kita tergoda.

Akan tetapi, jika junk food selalu dikonsumsi, maka akibatnya akan buruk buat tubuh. Kenaikan berat badan adalah salah satu yang sering terjadi. Selain itu, masih banyak kondisi buruk tubuh lainnya.

5. Kue dan makanan manis lainnya

Kue pastry dan makanan manis lainnya juga berpotensi meningkatkan kadar gula dalam darah bila dikonsumsi secara berlebihan. Makanan jenis ini tak cocok buat anak-anak karena bisa mengganggu pertumbuhan gigi mereka.

6. Roti putih

Roti putih sebenarnya tak masalah dikonsumsi sesekali. Tapi jika jadi menu sarapan pagi secara terus menerus tak akan baik untuk tubuh karena bisa meningkatkan gula darah.

Dari pada roti putih, Anda bisa menggantinya dengan roti gandum utuh.

7. Minuman kemasan dan minuman bersoda

Semakin ke sini, semakin banyak minuman kemasan yang ada di Indonesia. Contohnya minuman bersoda yang dibanderol dengan harga yang semakin murah. Meski rasanya menyegarkan baiknya dihindari karena tidak mengenyangkan tapi bisa membuat gula darah meningkat.

8. Es krim

Tak hanya mengandung gula yang tinggi, es krim ternyata juga kalorinya sangat tinggi. Minuman ini jelas kurang menyehatkan.

9. Permen

Makanan ringan satu ini memang disukai anak-anak. Tapi karena banyak mengandung gula maka baiknya dihindari.

10. Yogurt rendah lemak

Mengonsumsi yogurt itu menyehatkan, tapi kalau yogurt rendah lemak Anda harus berhati-hati. Pasalnya, karena lemaknya rendah kadang gulanya dinaikkan agar rasanya tetap lezat.

Itulah beberapa contoh makanan yang tidak sehat dan seharusnya diwaspadai. Masih banyak contoh lainnya jadi pilihlah dengan bijak untuk kesehatan tubuh Anda.

Sumber:

https://www.healthline.com/nutrition/20-foods-to-avoid-like-the-plague#TOC_TITLE_HDR_19

Kesehatan
8 Menu Berbuka Puasa yang Sehat, Lezat, Praktis, Simpel
Kesehatan
10 Manfaat Jahe untuk Kesehatan dalam Kehidupan Sehari-hari
Kesehatan
8 Manfaat Makan Rumput Laut – Dari Diabetes hingga Jantung
There are currently no comments.