Kesehatan

9 Makanan dan Vitamin untuk Mata demi Menjaga Penglihatan


Vitamin ada banyak sekali jenisnya dengan kegunaan dan tujuan yang berbeda. Seperti misalnya, jenis yang baik bagi mata kita adalah vitamin A.

Nutrisi ini telah dikenal mampu meningkatkan daya penglihatan kamu di malam hari sekaligus melindungi mata dari pembentukan katarak, yang menjadi salah satu penyebab paling umum dari rabun senja dan kebutaan.

Makanan dan Vitamin untuk Mata demi Menjaga Penglihatan

9 Makanan Dan Vitamin Untuk Mata Demi Menjaga Penglihatan 1018 Words

9 Makanan Dan Vitamin Untuk Mata Demi Menjaga Penglihatan 1018 Words

Perawatan untuk gangguan mata juga tentunya harus berdasarkan pada jenis dan penyebabnya. Sebut saja hiperopia, miopia, dan astigmatisme haruslah diatasi dengan kacamata atau lensa kontak, sementara katarak seringkali harus diobati dengan operasi.

Tetapi apapun jenis penyakit mata yang menyerang, kita harus tetap menjaga asupan makanan yang baik bagi fungsi dan indera penglihatan kita.

Adapun makanan-makanan yang disarankan untuk dikonsumsi demi mendukung kesehatan mata kita adalah sebagai berikut:

Ikan

Makanan air, khususnya salmon, bisa menjadi makanan yang menggugah selera sekaligus baik bagi mata kita. Hampir segala macam jenis ikan mengandung sejenis nutrisi penting yang disebut sebagai asam lemak omega-3.

Nutrisi tersebut merupakan lemak sehat yang dapat berkontribusi pada perkembangan penglihatan dan kesehatan retina di bagian belakang mata.

Faktanya, sudah banyak penelitian dan dikutip oleh All About Vision yang menunjukkan bahwa asam lemak omega-3 dapat membantu melindungi mata orang dewasa dari degenerasi makula dan sindrom mata kering.

Asam lemak esensial juga dapat membantu drainase cairan intraokular dari mata seseorang, sehingga mampu mengurangi resiko tekanan tinggi pada mata dan terhindar dari glaukoma.

Air Putih

Percaya atau tidak, minuman sederhana seperti air putih juga turut mendukung kesehatan mata kita secara aktif. Pada dasarnya, mata kita sangatlah mengandalkan air demi membantu menjaganya tetap terhidrasi dan terlumasi dalam bentuk air mata.

Pelumasan ini sangatlah diperlukan untuk menjaga kelembapan mata, menghilangkan bakteri, dan mengusir partikel debu dan partikel kecil lainnya yang masuk ke mata. Sebaliknya, ketika tubuh mengalami dehidrasi, maka cairan di mata pun akan ditarik ke area tubuh terpenting.

Kondisi dehidrasi tentunya sangatlah berbahaya bagi mata dan organ kamu. Jika tidak segera ditangani, maka tidak hanya indera penglihatan kamu saja yang terkena dampaknya, juga bisa menyebabkan kerusakan otak, kejang, atau bahkan kematian.

Kacang-Kacangan

Kacang almond, kacang tanah, pistachio, dan kacang mede merupakan beberapa dari banyaknya jenis kacang-kacangan yang baik bagi mata kita. Camilan ini kaya akan asam lemak omega-3 dan vitamin E..

Beberapa penelitian juga telah menunjukkan bahwa peran positif vitamin E telah terbukti mampu meningkatkan daya penglihatan.

Vitamin E tersebut dipercaya dapat melindungi sel mata dari molekul tidak stabil yang disebut sebagai radikal bebas penyebab pecahnya jaringan mata kita yang sehat.

Radikal bebas ini jugalah yang menjadi penyebab pembentukan katarak atau degenerasi makula terkait usia (AMD).

Telur

Selain sebagai teman sarapan kita yang penuh gizi, telur yang lezat ini pun sangatlah baik bagi mata kita, terutama bagian kuning telurnya yang mengandung vitamin A, lutein, zeaxanthin, dan seng – semua nutrisi tersebut sangatlah penting bagi daya penglihatan kita dari waktu ke waktu. Vitamin A tersebut berperan penting dalam menjaga kornea yang ada di bagian permukaan mata kita.

Lutein dalam telur merupakan bentuk karotenoid dengan sifat anti-radang yang begitu ampuh. Secara khusus, lutein telah diketahui mampu memperbaiki atau bahkan mencegah penyakit makula terkait usia yang merupakan penyebab utama kebutaan dan gangguan penglihatan.

Jika digabungkan dengan zeaxanthin, maka lutein juga bisa membantu melindungi mata kita dari gelombang cahaya berenergi tinggi seperti sinar ultraviolet.

Sementara seng dari dalam telur juga berperan penting dalam membawa vitamin A dari hati ke retina untuk menghasilkan melanin – atau pigmen pelindung mata. Gangguan penglihatan, seperti penglihatan malam yang buruk dan katarak bahkan telah dikaitkan dengan defisiensi mineral seng dalam tubuh.

Buah Citrus

Buah citrus atau jeruk juga sangatlah baik bagi tubuh dan mata kita berkat kadar tinggi akan vitamin C yang dimilikinya. Hampir semua jenis nutrisi yang bisa kamu temukan dalam buah dan sayuran tentunya berkontribusi terhadap kesehatan pembuluh darah dan mata.

Sama halnya seperti vitamin E, vitamin C juga termasuk ke dalam keluarga antioksidan yang kuat dan dapat melindungi mata kita dari radikal bebas yang merusak.

Bahkan saking ampuhnya, vitamin C dan beberapa nutrisi lainnya sudah sering dimasukkan ke dalam suplemen yang ditujukan untuk pengobatan bagi para penderita degenerasi makula terkait usia.

Daging Sapi

Protein dalam makanan hewani seperti daging sapi tidak hanya mampu menjaga perasaan kenyang kita lebih lama, juga sangatlah baik bagi mata kita dalam jangka panjang.

Pasalnya, protein dapat kamu temukan secara alami di dalam retina yang sehat sekaligus mampu menghentikan pertumbuhan pembuluh darah yang berlebihan di mata. Pada jangka panjang, nutrisi ini bisa mendukung pengobatan untuk retinopati diabetes dan degenerasi makula.

Tak berhenti sampai di sana, daging sapi juga dikemas dengan vitamin A dan seng, yang mana keduanya bermanfaat bagi kornea – lapisan luar pelindung mata yang bening – dan retina kamu.

Sayuran Hijau

Sejauh ini kita sudah tahu jika vitamin C, vitamin A, lutein, dan zeaxanthin sangatlah baik bagi mata kita. Kabar baiknya, semua jenis nutrisi tersebut sudah dikemas dalam satu jenis makanan, yaitu sayuran hijau.

Vitamin C dan vitamin A merupakan keluarga dari antioksidan. Mata kamu sangatlah membutuhkan nutrisi tersebut dalam jumlah tinggi, bahkan dibandingkan dengan organ lainnya. Dengan begitu, asupan sayuran hijau, buah-buahan, dan sumber makanan bervitamin A dan C lainnya harus kamu tingkatkan dari waktu ke waktu jika ingin menjaga daya penglihatan tetap normal.

Ubi Jalar

Ubi jalar dan ubi manis dipenuhi dengan beta-karoten, yaitu sejenis karotenoid dan antioksidan yang dapat meningkatkan penglihatan mata secara keseluruhan, terutama di malam hari. Ditambah lagi, sayuran manis ini juga memiliki kandungan vitamin C dan E yang lumayan tinggi.

Pola makan yang tinggi akan nutrisi-nutrisi yang ada dalam ubi jalar sudah terbukti mampu membantu mencegah atau menunda perkembangan katarak dan degenerasi makula.

Secara khusus, beta-karoten bertugas dalam membantu mengurangi stres oksidasi yang dipicu oleh paparan cahaya pada mata.

Sesampainya di perut, beta-karoten dalam makanan akan diubah menjadi vitamin A, sehingga memiliki manfaat yang sama untuk kesehatan mata dan kekebalan tubuh.

Wortel

Mungkin ini adalah jenis sayuran yang paling dikenal sebagai makanan yang baik bagi mata – dan tentunya bukan sebagai mitos belaka.

Penelitian menyebutkan bahwa wortel sangatlah tinggi akan kandungan antioksidan lutein dan beta-karoten sehingga mampu menjaga mata kamu seiring dengan berjalannya usia. Sebagai bonusnya, mengonsumsi wortel secara teratur bisa bermanfaat bagi pencernaan, jantung, dan kulit secara keseluruhan.

Kesehatan
8 Makanan Pantangan Amandel. Peradangan di Area Belakang Rongga Mulut
Kesehatan
7 Makanan Pantangan Anemia – Penyebab Hilangnya Zat Besi Dalam Tubuh
Kesehatan
Pola Hidup Bersih dan Sehat: Pengertian, Manfaat, dan Contoh
There are currently no comments.