Kesehatan

9 Manfaat Makan Quinoa. Pengganti Nasi Dengan Sejuta Nutrisi


Saat terkena penyakit tertentu, ada kalanya kita harus mengganti asupan makanan pokok seperti nasi putih dengan jenis yang lebih menyehatkan, misalnya beras merah, oatmeal, atau quinoa.

9 Manfaat Makan Quinoa. Pengganti Nasi Dengan Sejuta Nutrisi

Ketiga makanan pengganti ini memang bisa memberikan kita sejumlah nutrisi dan manfaat kesehatan, tetapi jenis yang paling berperan penting terhadap pola makan kita  adalah quinoa.

Bahkan quinoa memiliki jumlah protein yang lebih tinggi dibandingkan dengan nasi merah, sekaligus dengan kadar karbohidrat yang lebih rendah, sehingga menjadikannya makanan terbaik yang harus kamu dapatkan dari waktu ke waktu.

9 Manfaat Makan Quinoa. Pengganti Nasi Dengan Sejuta Nutrisi 1036 Words

9 Manfaat Makan Quinoa. Pengganti Nasi Dengan Sejuta Nutrisi

Sebagai bagian dari benih tanaman yang bisa dimakan, sebuah penelitian dari Harvard Public School of Health juga telah menyatakan bahwa asupan semangkuk quinoa setiap hari dapat mengurangi kemungkinan kita mengalami kematian dini akibat kanker, penyakit jantung, penyakit pernafasan, diabetes, dan penyakit kronis lainnya hingga sebesar 17%.

Nah, untuk lebih lengkapnya, berikut adalah beberapa manfaat penting makan quinoa setiap hari bagi kesehatan tubuh kamu.

1. Mengundang Sejumlah Nutrisi

Salah satu alasan kenapa makanan bisa menyehatkan dan memberi manfaat pada tubuh adalah karena dikemas dengan sejumlah nutrisi dan gizi yang penting bagi tubuh kita.

Quinoa sendiri sudah termasuk ke dalam jenis superfood, artinya ia mampu menutrisi tubuh lebih banyak dibandingkan dengan makanan lainnya.

Menurut self.com sendiri, dari 185 gram quinoa saja sudah mengandung sejumlah nutrisi sebagai berikut:

  • Protein: 8 grams
  • Serat: 5 grams
  • Mangan: 58% AKG
  • Magnesium: 30%
  • Fosfor: 28%
  • Folat: 19%
  • Tembaga: 18%
  • Zat Besi: 15%
  • Seng: 13%
  • Kalium: 9%
  • Gabungan Vitamin B1, B2, dan B6: Diatas 10%
  • Gabungan Kalsium, Vitamin B3, Vitamin E: Jumlah kecil

Saking bergizinya, PBB bahkan mendeklarasikan 2013 sebagai tahun quinoa dengan sebutan “The International of Quinoa”.

2. Melawan Peradangan

Dikenal pula dengan sebutan pseudocereal yang sehat, quinoa mengandung sejumlah serat makanan yang tinggi, asam lemak tak jenuh ganda, dan dianggap sebagai sumber protein berkualitas tinggi.

Tak berhenti sampai di sana, teman sarapan ini pun mengandung banyak sekali fitokimia anti inflamasi sehingga memiliki efek dan potensi dalam melindungi tubuh kamu terhadap peradangan.

Dengan begitu, sereal ini pun bisa menjadi makanan yang sangat cocok bagi kamu yang tengah menderita penyakit terkait peradangan seperti reumatik, osteoarthritis, radang sendi, dan lain sebagainya.

3. Melawan Infeksi

Quinoa juga merupakan sumber yang sangat baik akan dua jenis antioksidan flavonoid, yaitu quercetin dan kaempferol. Quercetin sendiri sangat penting sekali untuk melindungi kita dari bakteri, virus, peradangan, dan kanker.  

Ditambah lagi, mengonsumsinya setiap hari bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh kamu secara nyata, yang pada gilirannya membuat tubuh lebih efektif dalam melawan berbagai macam infeksi dan patogen berbahaya.

Berkat kemampuannya tersebut, quinoa bisa menjadi makanan pengganti nasi yang cocok untuk dikonsumsi di masa pandemi saat ini. Kadar serotonin dalam tubuh pun akan meningkat sehingga membuat kamu merasa lebih rileks dan tenang.

4. Mengurangi Resiko Kanker

Tak hanya flavanoid saja, quinoa juga diperkaya dengan polifenol yang bermanfaat dalam membantu mengurangi resiko terkena penyakit kardiovaskular dan kanker.

Sebuah penelitian baru-baru ini berhasil mengidentifikasi sejumlah senyawa fenolik yang ada dalam quinoa dan menunjukkan aktivitas anti-kanker yang begitu menjanjikan.

Senyawa fenolik tersebut akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh demi mengenali sekaligus menghancurkan sel-sel kanker, serta menghambat perkembangannya pada pembuluh darah baru (angiogenesis).

Asupan senyawa fenolik dari quinoa juga dapat mengurangi daya rekat dan invasi sel kanker sehingga mengurangi potensinya dalam proses metastasis.

5. Melawan Depresi

Menurut sebuah penelitian dari Journal of Neuropharmacology di tahun 2010 menemukan bahwa sejenis flavonoid bernama quercetin dalam makanan quinoa ternyata memiliki efek anti-depresan yang mampu melawan depresi dan stres.

Karbohidrat sendiri telah dikenal mampu meningkatkan jumlah serotonin di otak, sehingga bisa memberikan efek menenangkan. Meskipun gizi ini bisa kamu temukan dalam nasi putih, akan tetapi jenis karbohidrat kompleks dalam quinoa jauh lebih memberikan efek positif.

Tidak semua karbohidrat diciptakan setara. Bahkan ada beberapa diantaranya yang bisa memicu depresi, seperti misalnya karbohidrat rafinasi yang didapat dari pasta, cookies, dan gula. Semua makanan ini cenderung meningkatkan kadar gula darah dan respon hormonal dalam tubuh kamu, sehingga menyebabkan mood swing, kelelahan, dan gejala depresi lainnya.

6. Membantu Menurunkan Berat Badan

Meskipun belum adanya penelitian yang secara khusus mempelajari efek quinoa terhadap penurunan berat badan, tetapi gizi yang dimilikinya secara intuitif bisa kamu jadikan sebagai bagian dari pola makan penjaga berat badan yang sehat.

Quinoa sangatlah tinggi akan protein dan karbohidrat berindeks glikemik rendah. Kedua sifat inilah yang menjadikannya makanan terbaik untuk menurunkan berat badan, menjaga tubuh yang sehat, dan menjaga tubuh kamu tetap ideal.

Disebutkan pula bahwa quinoa lebih baik daripada beras jika kamu ingin menurunkan berat badan. Sereal ini mengandung asam amino dan protein yang tidak dimiliki oleh nasi putih dan beras coklat.

Protein dalam quinoa tersebut akan membantu perut kamu merasa kenyang lebih lama sehingga terhindar dari makan berlebih.

7. Mengatur Gula Darah

Kandungan serat makanan dalam quinoa juga cenderung lebih tinggi dari jenis biji-bijian manapun. Itu berarti, makanan ini bisa sangat bermanfaat bagi kamu yang tengah menderita diabetes. Serat dan protein selalu dianggap penting dalam menjaga lonjakan gula darah dan membuatnya tetap terkendali.

Bahkan jika dibandingkan dengan beras merah dan beras coklat, quinoa cenderung lebih menyehatkan berkat kandungan asam amino, vitamin, dan mineral yang dimilikinya.

Quinoa memiliki indeks glikemik 53, yang berarti makanan ini tidak akan meningkatkan kadar gula darah kamu secara drastis.  

8. Mendukung Jantung yang Sehat

Tak hanya mampu menjaga kadar gula dalam darah kamu tetap stabil, kandungan serat dalam quinoa juga ternyata mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah secara signifikan, sehingga mengurangi resiko kamu terkena penyakit jantung.

Quinoa sangatlah kaya akan antioksidan yang dapat mencegah kerusakan jantung dan organ lainnya. Diet tinggi akan antioksidan juga telah dikaitkan dengan penurunan resiko jantung seiring dengan berjalannya usia.

Di samping menurunkan kolesterol jahat LDL, asupan quinoa juga dapat meningkatkan kadar kolesterol baik HDL kamu di saat yang bersamaan. Saat kadar HDL kamu lebih tinggi daripada LDL, maka jantung kamu pun akan senantiasa dijaga dari penyakit yang mematikan.

9. Mengurangi Resiko Batu Ginjal

Para ahli gizi juga menyarankan kita untuk selalu mengonsumsi biji-bijian dengan kadar oksalat tinggi demi mengurangi resiko terkena batu ginjal – dan quinoa adalah salah satu makanan yang direkomendasikan.

Selain bebas gluten yang baik bagi penderita celiac, quinoa juga merupakan sumber protein lengkap. Ia mengemas kesembilan asam amino esensial yang diperlukan oleh tubuh kita, salah satunya adalah oksalat yang bisa kamu temukan jumlah yang sangat tinggi.

Kesehatan
7 Makanan yang Merusak Otak – Mendatangkan Demensia dan Alzheimer
Kesehatan
9 Penyebab Penyakit Konstipasi – Sembelit Parah yang tak Boleh Diabaikan
Kesehatan
7 Makanan Pantangan Anemia – Penyebab Hilangnya Zat Besi Dalam Tubuh
There are currently no comments.