Kesehatan

Cara Yang Paling Mudah Untuk Mengurangi Karbondioksida Di Udara


Semenjak dimulainya revolusi industri, hingga saat ini umat manusia sudah menghasilkan lebih dari 2.000 gigaton karbondioksida. Itu merupakan jumlah yang sangat besar karena satu gigaton saja setara dengan 1 miliar metrik ton.

Gambar Cara Yang Paling Mudah Untuk Mengurangi Karbondioksida Di Udara

Gambar Cara Yang Paling Mudah Untuk Mengurangi Karbondioksida Di Udara

Karbon dioksida merupakan salah satu penyebab terjadinya pemanasan global yang terjadi pada saat sekarang. Walaupun ada hal lain yang menjadi pemicu, namun zat yang bekerja dalam menyebabkan pemanasan global ialah karbondioksida ini. Karbondioksida sendiri merupakan zat cair yang tidak berwarna, tidak berbau, tidak mudah terbakar, dan memiliki rasa yang sedikit asam.

Dampak Buruk dari Berlebihnya Karbon Dioksida

Seperti yang diketahui bahwasanya karbondioksida merupakan sebuah senyawa yang sangat penting bagi tumbuhan untuk melakukan fotosintesis. Namun senyawa ini juga bisa menjadi berbahaya apabila jumlahnya terlalu banyak, sedangkan pohon yang akan melakukan fotosintesis terlalu sedikit. Akibatnya senyawa ini akan naik ke atmosfer dan menghalangi pancaran panas, sehingga berdampak pada terjadinya pemanasan global.

Gas karbondioksida sendiri dapat berasal dari asap pabrik, pembakaran sampah, kebakaran hutan, dan asap kendaraan bermotor. Selain itu efek rumah kaca dan pembakaran fosil juga menjadi salah satu penyumbang karbondioksida di udara.

Cara yang Paling Mudah Untuk Mengurangi Karbondioksida Di Udara

Pada dasarnya keberadaan karbondioksida memiliki dampak positif, namun kelebihan dari keberadaan zat inilah yang menyebabkan terjadinya hal-hal buruk. Sebab itu penting rasanya kamu mengetahui bagaimana cara mengurangi keberadaan karbondioksida yang ada di udara.

Dalam mengurangi karbondioksida yang ada di udara, terdapat banyak cara sederhana yang bisa dilakukan. Cara ini mungkin tidak akan membantu terlalu banyak, namun lain hasilnya jika hal ini dilakukan oleh banyak orang. Berikut beberapa cara mudah dalam mengurangi karbondioksida di udara :

1.Menanam Pohon

Memanfaatkan fotosintesis dalam menghapus karbondioksida merupakan cara paling alami yang dapat dilakukan oleh manusia. Pohon berukuran besar merupakan salah satu pelaku yang banyak menyerap karbondioksida untuk melakukan fotosintesis. Namun bukan berarti tanaman kecil tidak melakukan hal yang sama, hanya saja tanaman kecil tidak melakukan fotosintesis sebanyak pohon yang berukuran besar.

Untuk mengurangi karbondioksida yang ada di udara, maka cara paling ampuh yang bisa kamu lakukan ialah dengan mulai menanam pohon di sekitar rumah. Cara ini memang tidak terlalu ampuh untuk menyelamatkan dunia, namun dengan cara ini kamu sudah dapat mengurangi karbondioksida yang ada di sekitarmu.

2.Menggunakan Kendaraan Bermotor Seperlunya

Keberadaan kendaraan bermotor pada saat sekarang memang sangat membantu manusia dalam memperpendek jarak tempuh. Namun penggunaan kendaraan bermotor yang tidak tepat guna justru akan memperburuk keadaan, karena polusi yang dikeluarkan oleh asap kendaraan bermotor tersebut.

Seperti yang kita ketahui, polusi yang dikeluarkan oleh asap kendaraan bermotor merupakan salah satu penyumbang karbondioksida paling banyak pada saat sekarang. Sebab itu dalam membantu mengurangi karbondioksida yang ada di udara, maka sebaiknya kamu menggunakan kendaraan bermotor ketika memang diperlukan saja. Jika jarak yang ingin kamu tuju itu masih bisa dicapai dengan berjalan kaki atau bersepeda, maka alangkah baiknya kamu menggunakan sepeda untuk mengurangi pencemaran karbondioksida.

Baca Juga : Cara Mendapatkan Uang 1 Milyar Dengan Mudah

3.Tidak Membakar Sampah

Pembakaran sampah dan kebakaran hutan menjadi salah satu penyumbang karbondioksida yang paling banyak pada saat sekarang. Sebab itu dalam mengurangi pencemaran karbondioksida di udara, maka sebaiknya kamu tidak membakar semua sampah-sampah sembarangan. Cobalah untuk memilah antara sampah organik dan anorganik, sehingga kamu bisa melakukan perlakuan yang berbeda antara kedua jenis sampah tersebut.

Sampah organik yang bisa terurai dengan mudah, alangkah baiknya kamu kebur untuk membantu menyuburkan tanah. Sedangkan sampah anorganik yang tidak bisa terurai oleh tanah, maka kamu dapat memberikannya ke tempat pengolahan sampah agar karbondioksida yang dihasilkan menjadi sedikit berkurang.

Itulah tiga cara yang dapat kamu lakukan dalam mengurangi karbondioksida yang ada di udara. Cara ini memang merupakan cara sederhana dan tidak dapat mengurangi karbondioksida di udara secara drastis. Namun setidaknya dengan melakukan hal ini kamu sudah menjadi salah satu pelopor dalam mengatasi karbondioksida.

Kesehatan
9 Manfaat Makan Quinoa. Pengganti Nasi Dengan Sejuta Nutrisi
Kesehatan
Contoh Pola Makan Sehat Bergizi dan Seimbang + Manfaatnya
Kesehatan
Pola Hidup Bersih dan Sehat: Pengertian, Manfaat, dan Contoh
There are currently no comments.