Kesehatan

7 Cemilan Sehat untuk Anak yang Lezat dan Inovatif


Pilih cemilan sehat untuk anak terbaik sehingga kebutuhan nutrisinya terpenuhi sepanjang hari. Buatlah yang lezat dan inovatif supaya mereka tidak cepat bosan.

Bagaimanapun, lambung anak-anak memang berukuran kecil. Mereka tidak bisa langsung menghabiskan porsi makanan dalam jumlah banyak. Tak heran bila mereka suka ngemil karena butuh makan dalam frekuensi yang cukup sering.

Selain itu, kadang anak-anak punya kecenderungan suka dengan makanan tertentu dan tidak suka dengan makanan lainnya. Misalnya, suka dengan makanan manis dan tak suka dengan makanan yang gurih. Begitu juga sebaliknya.

Maka dari itu, untuk membantu Anda menemukan ide membuat camilan yang sehat buat putra-putri di rumah, kami akan membahas pilihan menunya di sini.

Daftar menu cemilan sehat untuk anak balita hingga sekolah

Berikut ini beberapa jenis menu camilan yang dapat dimasak sesuai dengan usia putra-putri Anda:

Daftar Menu Cemilan Sehat Untuk Anak Balita Hingga Sekolah

Menu Cemilan Balita

1. Pizza, cocok sebagai cemilan untuk balita susah makan

Pizza menjadi salah satu menu yang cukup banyak disukai anak-anak, termasuk mereka yang sulit makan. Menu ini punya daya tarik tersendiri karena warna topping-nya yang colorful dan rasanya yang lezat.

Menariknya, resep membuat pizza tidak terlalu sulit. Oleh karena itu, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah.

Agar sehat, cobalah pilih tepung dari gandum utuh untuk membuat adonan utamanya. Atau, jika memang tidak ada boleh saja pakai tepung biasa. Yang terpenting, bubuhkan topping yang sehat dari sayur-sayuran. Beri juga tambahan daging giling, daging ayam, atau ikan suwir sebagai topping.

2. Cake dengan buah

Selain pizza, cake juga menjadi pilihan menu yang disukai anak-anak. Apabila putri atau putra Anda suka dengan makanan manis, maka camilan ini sangat cocok. Supaya sehat, tambahkan buah segar ke dalam cake tersebut. Bisa sebagai topping atau perasa cake-nya supaya lebih sehat.

3. Ubi, cemilan balita 1-2 tahun

Ubi menjadi bahan yang bisa menghasilkan tepung dan karbohidrat. Anda bisa mengolah ubi dengan kreasi apa saja. Bisa dikukus, rebus, hingga goreng. Resep yang bisa dicoba pun sangat banyak. Mulai dari bakpao, donat, roti panggang ubi, dan yang lainnya.

Menariknya lagi, di Indonesia ada banyak sekali jenis dan warna ubi yang dapat dikreasikan. Misalnya, ubi ungu, kuning, dan yang lainnya. Dengan warna-warna yang beragam, balita umur 1 sampai 2 tahun umumnya juga lebih menyukainya.

4. Nugget sayur snack sehat untuk anak TK dan SD

Salah satu jajanan yang paling sering dibeli di sekolah adalah nugget goreng. Alih-alih membiarkan anak makan nugget kemasan, Anda bisa membuat menunya sendiri di rumah dengan bahan sederhana.

Bahan utamanya adalah sayuran, daging giling (boleh ayam atau ikan), dan sedikit tepung. Silakan buat nugget beku sendiri dengan bumbu yang pas tanpa pengawet kemudian simpan dalam lemari es. Saat dibutuhkan, Anda tinggal menggorengnya dan dijadikan camilan sehat buat anak.

5. Buah, bisa segar atau dijus

Buah-buahan merupakan menu makanan sehat untuk ibu hamil. Sudah jelas, menu ini juga cocok buat anak-anak yang sudah lahir. Anda bisa memberikan buah segar atau jus kepada anak. Untuk bayi, biasanya buah diberikan dalam bentuk puree sebagai MPASI.

6. Popcorn, bikin sendiri lebih diutamakan

Popcorn jadi jajanan minimarket yang cukup diminati anak. Biar sehat, Anda bisa bikin sendiri di rumah. Kandungan karbohidrat dari jagung bisa dikombinasikan dengan lemak sehat dari minyak zaitun.

Gunakan bawang putih dan bumbu lain jika ingin rasanya gurih. Atau, pakai gula dalam jumlah yang tidak berlebihan jika ingin rasanya manis.

7. Omelet sayur, camilan sehat anak SD dan balita

Bagi anak-anak penyuka telur, Anda bisa membuatkannya omelet sayur. Omelet ini bisa dimasak dengan cara dipanggang, digoreng biasa, atau dikukus biar lebih sehat. Tinggal dikreasikan saja.

Terakhir, dalam membuat cemilan sehat untuk anak, nilai gizi dari bahannya harus diperhatikan dan pilih yang disukai anak untuk dikreasikan agar tak membosankan.

Sumber:

Bbc.goodfood.com. https://www.bbcgoodfood.com/recipes/collection/kids-pizza-recipes

Healthline.com. https://www.healthline.com/nutrition/healthy-snacks-for-kids#TOC_TITLE_HDR_17

Kesehatan
11 Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan Wanita dan Pria
Kesehatan
10 Tanda Terkena Penyakit Tipes. Ternyata Tak Hanya Demam Saja
Kesehatan
7 Makanan untuk Wanita Menopause – Atasi Gejala dan Hindari Penyakit
There are currently no comments.