Kesehatan

5 Cemilan Sehat untuk Diet, Rendah Kalori Turunkan BB


Jangan khawatir kehabisan menu cemilan sehat untuk diet. Silakan pilih yang rendah kalori sehingga cocok buat bantu menurunkan berat badan.

Pilihan menunya sangat banyak, mulai dari buah-buahan, kacang-kacangan, makanan yang mengandung protein, hingga sayuran. Cukup buat menunya dengan kombinasi yang tepat agar hasilnya lezat.

Artikel ini akan membahas lengkap mengenai menu camilan yang lezat buat diet. Selamat menyimak.

Rekomendasi camilan sehat buat diet yang bisa dicoba

Berikut ini beberapa contoh cemilan buat diet sehat:

  • Telur.
  • Edamame.
  • Kacang-kacangan.
  • Apel.
  • Yoghurt.
  • Pisang.
  • Blueberry.
  • Mangga.
  • Kentang.
  • Sayuran hijau, dll.

Selain contoh cemilan di atas, Anda juga bisa coba beragam sayuran, buah-buahan, hingga kacang-kacangan untuk membuat menu camilan sehat buat diet.

Cara membuat cemilan sehat untuk diet

Berikut ini beberapa contoh menu yang dapat dibuat dari beberapa pilihan bahan makanan di atas:

1. Telur rebus

Telur rebus merupakan menu yang paling simpel untuk dibuat ketika sedang ingin camilan diet. Pasalnya, Anda tinggal beli telurnya kemudian merebusnya selama beberapa menit saja.

Cara Membuat Cemilan Sehat Untuk Diet Telur Rebus

Cemilan Telur Rebus Sehat Buat Diet

Selain mudah dibuat, menu pertama ini juga menyehatkan karena kandungan proteinnya bisa mengenyangkan dalam waktu lama. Artinya, setelah memakan telur rebus, perut akan terasa kenyang sehingga tidak mencari makanan-makanan tambahan.

2. Edamame rebus

Edamame juga bisa jadi pilihan mudah yang dapat Anda pilih ketika sedang ingin ngemil. Untuk menikmatinya, tinggal rebus edamame sampai matang. Sama dengan telur, kandungan proteinnya juga cukup banyak sehingga bisa bikin tahan terhadap rasa lapar.

Yang perlu diperhatikan adalah ukuran makannya. Silakan atur supaya tidak sampai kebanyakan.

Edamame merupakan menu yang cukup menarik. Pasalnya, selain bisa disiapkan sendiri, Anda juga bisa langsung beli di pedagang keliling.

3. Apel dan selai kacang

Sebagaimana disebutkan di atas, kacang-kacangan merupakan menu yang cocok buat camilan sehat. Selain bisa dinikmati dalam bentuk kacang-kacangan biasa, Anda juga dapat menikmatinya dalam bentuk selai. Salah satunya adalah selai kacang tanah.

Yang terpenting, jika tujuannya adalah menurunkan berat badan, maka hindari pemakaian garam, gula, atau bahan tambahan lain pada selainya.

Agar selainya tetap lezat dan rasanya manis, silakan kombinasikan dengan apel. Selain manis, menu camilan ini akan terasa segar.

Selain rasanya yang lezat, gabungan keduanya juga akan menghasilkan menu bernutrisi lengkap. Pasalnya, ada serat dan protein yang akan bertahan lama di perut sehingga tidak mudah lapar.

4. Smoothie dari buah-buahan dan sayur

Menu menyegarkan berikutnya datang dari buah-buahan dan sayuran. Ada banyak buah dan sayur yang bisa dikonsumsi saat ingin camilan diet. Di antaranya kiwi, blueberry, sayuran hijau, dan yang lainnya.

Menu ini cocok buat dieters yang enggan mengonsumsi buah dan sayur secara langsung karena tidak terlalu suka dengan rasanya. Dengan membuat smoothie, Anda bisa menambahkan gula atau yogurt sehingga cita rasanya makin kaya.

5. Kentang panggang

Salah satu olahan kentang yang bisa dicoba sebagai menu ngemil adalah kentang panggang. Anda tidak hanya harus makan kentang yang dipanggang saja, melainkan bisa dikombinasikan dengan saus yang terbuat dari tomat, garam, perasan lemon, dan bawang merah.

Kombinasi saus tersebut selain bisa membuat kentangnya terasa lebih lezat juga bisa menambah nilai nutrisinya.

Namun, apabila Anda lebih senang dengan rasa kentang panggang original tanpa saus salsa, hal ini juga tidak menjadi masalah.

Selain cemilan sehat untuk diet di atas, masih banyak menu makanan sehat untuk diet yang bisa dicoba. Misalnya keripik sayur, mangga beku, pisang dengan selai kacang, dan yang lainnya. Jadi, selamat berkreasi dan mencobanya.

Kesehatan
10 Manfaat Madu untuk Kesehatan Pria, Wanita, dan Anak
Kesehatan
7 Makanan Pantangan Anemia – Penyebab Hilangnya Zat Besi Dalam Tubuh
Kesehatan
7 Bahaya Merokok Bagi Kesehatan yang Harus Diwaspadai
There are currently no comments.