Kesehatan

11 Ide Cemilan Sehat untuk Ibu Hamil yang Simpel dan Lezat


Cari ide cemilan sehat untuk ibu hamil? Tenang, ada banyak pilihannya dan kebanyakan lezat serta simpel.

Anda bahkan bisa memilih camilan yang cocok saat mual hingga ketika kurang berenergi alias lemas. Cukup ketahui saja kandungan makanan sehat untuk ibu hamil agar mudah dalam memilih atau membuat menu camilannya.

Kami akan memberikan beberapa inspirasi camilan sehat yang sangat cocok buat bumil. Selamat menyimak.

Daftar rekomendasi cemilan sehat untuk ibu hamil trimester pertama, kedua, dan ketiga

Daftar Rekomendasi Cemilan Sehat Untuk Ibu Hamil Trimester Pertama, Kedua, Dan Ketiga

Cemilan Sehat Yoghurt + Raspberry Ibu Hamil

Berikut ini beberapa pilihan menu camilan yang dapat Anda pilih di masa kehamilan:

1. Yogurt

Kandungan yogurt sangat baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi pada bumil dan janin dalam rahim. Menu ini mengandung kalsium dan prebiotik yang baik untuk saluran pencernaan.

Agar rasanya makin lezat, Anda bisa mengonsumsi yogurt dengan kombinasi kacang-kacangan, buah beri, atau yang lainnya.

Selain makin kaya akan cita rasa, kombinasinya juga menghasilkan kandungan yang lebih lengkap sehingga bagus buat tubuh.

2. Cokelat

Selain yogurt, cokelat juga menjadi pilihan yang pas di masa kehamilan. Meski begitu, bumil tidak dianjurkan mengonsumsi cokelat secara berlebih. Selain itu, disarankan juga untuk memilih cokelat hitam dibandingkan yang sudah diolah dalam bentuk cokelat susu.

3. Alpukat

Salah satu buah yang terasa pas dikonsumsi ketika hamil adalah alpukat. Buah ini mengandung asam lemak omega 3 dan asam folat alami sehingga bagus untuk perkembangan janin di dalam perut.

Selain alpukat, Anda juga bisa mengonsumsi buah-buahan lain seperti kiwi, mangga, apel, hingga buah pir.

4. Jus jeruk

Buah jeruk selain bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh karena kaya akan vitamin C juga bisa memberikan cairan elektrolit pada tubuh.

Pasalnya, 90 % bagian dari buah ini mengandung air yang bisa memberikan cairan pada tubuh ibu hamil. Saat lemas, cobalah mengonsumsi jus jeruk supaya terasa segar kembali.

5. Jus stroberi, cemilan ibu hamil saat mual

Stroberi merupakan salah satu buah yang rasanya manis-manis segar. Selain bisa dikonsumsi secara langsung, cemilan ini juga terasa segar saat diolah menjadi jus.

Stroberi memiliki manfaat yang sangat beragam buat bumil, di antaranya adalah mengatasi rasa mual, meningkatkan imunitas, mencegah anemia, mengontrol berat badan berlebih pada janin, dan baik untuk perkembangan otak karena banyak mengandung asam folat.

6. Ubi

Selain mengandung karbohidrat, ubi juga kaya akan vitamin sehingga cocok untuk memberikan energi kepada bumil. Efek kenyang yang dihasilkan dari ubi biasanya juga lebih tahan lama dibandingkan nasi.

Di antara kandungan penting ubi untuk bumil adalah zat besi, vitamin B, C, kalium, dan tembaga. Selain itu, ubi juga mengandung vitamin A yang bagus untuk perkembangan mata janin.

7. Oatmeal

Oatmeal menjadi salah satu makanan super saat hamil. Selain karbohidrat kompleks, cemilan sehat untuk bumil ini juga mengandung magnesium dan zinc yang bisa mendukung pertumbuhan sel dan pembentukan DNA pada janin.

8. Kacang edamame

Edamame mengandung asam folat, vitamin B, tembaga, zinc, zat besi, dan magnesium yang sangat dibutuhkan selama kehamilan.

9. Popcorn

Selain mengandung karbohidrat, popcorn juga tinggi serat sehingga baik buat ibu hamil. Namun begitu, sebaiknya jangan buat popcorn dengan mentega dan garam secara berlebihan.

10. Bubur kacang hijau

Kadar folat yang tinggi pada kacang hijau benar-benar harus dimanfaatkan. Anda bisa membuatnya sendiri tanpa menggunakan santan agar lebih optimal manfaatnya.

11. Cokelat dengan buah

Sebagaimana dipaparkan di atas, cokelat dan buah-buahan merupakan menu yang penting buat bumil. Akan sangat lezat bila Anda mengombinasikan keduanya. Misalnya dengan membuat buah-buahan berbalut cokelat beku.

Selain dapat kandungannya, Anda juga bisa merasakan sensasi ngemil yang lezat selama hamil.

Itulah beberapa pilihan camilan sehat buat ibu hamil yang bisa dicoba. Selamat menyiapkan dan membuatnya.

Sumber:

Whatroexpect.com. https://www.whattoexpect.com/pregnancy/eating-well/best-healthy-pregnancy-snacks/

Webmd.com. https://www.webmd.com/baby/ss/slideshow-pregnancy-snacks

Kesehatan
9 Manfaat Makan Quinoa. Pengganti Nasi Dengan Sejuta Nutrisi
Kesehatan
Sebutkan Ciri-Ciri Lingkungan yang Sehat dan Manfaatnya
Kesehatan
7 Manfaat Makan Singkong – Lebih Menyehatkan Dari Nasi Putih
There are currently no comments.