Kesehatan

Makanan Sehat untuk Jantung yang Lengkap dan Penting


Penting buat kita semua untuk mengonsumsi makanan sehat untuk jantung biar jadi lebih kuat dan bugar setiap hari.

Pasalnya, jantung merupakan salah satu organ dalam yang sangat penting untuk tubuh manusia. Dialah yang memiliki fungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh.

Detakannya juga menandakan bahwa kita masih hidup. Karena fungsinya yang sangat penting tersebut, organnya pun harus selalu dijaga.

Pada kesempatan ini, kami akan merangkum beberapa info mengenai makanan dan minuman untuk kesehatan organ dalam tersebut. Selamat menyimak.

Daftar makanan sehat untuk jantung: buah, sayuran, hingga minuman

Daftar Makanan Sehat Untuk Jantung, Buah, Sayuran, Hingga Minuman

Jenis Makanan Sehat Untuk Jantung

Berikut ini beberapa rangkuman makanan yang sangat penting dikonsumsi untuk menjaga kesehatan jantung:

1. Kacang-kacangan, makanan untuk menguatkan jantung

Kacang-kacangan merupakan salah satu jenis makanan penyehat jantung. Di dalamnya terdapat fitonutrien, serat, dan air. Memakan kacang akan membuat perut cepat kenyang dan sifatnya tahan lama sehingga bisa menahan lapar.

Kacang-kacangan umumnya juga mengandung antioksidan sehingga bisa mencegah kerusakan sel yang diakibatkan oleh paparan radikal bebas.

Salah satu jenis kacang yang bisa dipakai untuk menguatkan jantung adalah kacang kenari. Apabila Anda mau menjaga kesehatannya, kacang tanah, almon, kacang hitam, atau yang lainnya juga bisa dicoba.

2. Buah yang baik untuk jantung

Selain kacang-kacangan, buah juga menjadi makanan yang wajib dicoba. Baik buat yang sudah menderita penyakit maupun yang masih sehat.

Adapun buah-buahan yang memiliki kandungan baik buat organ dalam ini adalah buah beri, anggur, delima, alpukat, apel, ceri, hingga jeruk.

Ada banyak pilihan buah yang dapat dikonsumsi dan harganya juga cenderung murah. Anda pun bisa mendapatkannya dengan mudah karena tersedia di Indonesia. Jadi, tak ada alasan untuk tidak memasukkannya dalam makanan sehat untuk diet jantung.

Namun, Anda juga harus memperhatikan pilihan buah yang baiknya dihindari, yakni buah-buahan yang bisa menimbulkan gas, di antaranya nangka (muda dan matang) dan durian.

3. Sayuran yang tidak boleh untuk penyakit jantung dan opsi terbaik

Selain buah-buahan, sayuran juga menjadi menu yang wajib dikonsumsi. Pilihan sayurnya adalah sayuran hijau seperti bayam, brokoli, buncis, dan yang lainnya.

Masing-masing sayuran punya kandungan yang baik buat penderita jantung. Salah satunya adalah mengandung antioksidan yang bisa mencegah kerusakan sel.

Selain mengonsumsi sayuran yang baik, Anda juga perlu menghindari sayuran yang kurang baik untuk dikonsumsi buat organ dalam satu ini.

Sayuran yang baiknya dihindari adalah sayuran yang bisa memicu gas dan membuat sesak nafas. Di antaranya adalah kol.

4. Minuman sehat untuk jantung

Selain makanan yang dipaparkan di atas, Anda juga harus punya pilihan minuman terbaik agar bisa menyusun menu makanan sehat untuk penderita jantung.

Salah satu pilihan minuman yang bisa dicoba adalah teh hijau. Menu ini bisa menurunkan risiko terkena serangan jantung dan stroke.

Namun, perhatikanlah ukuran konsumsinya. Jangan sampai berlebihan karena ada kemungkinan meningkatnya risiko penyakit batu ginjal.

Silakan konsumsi sewajarnya dan imbangi dengan minum air putih dalam jumlah yang cukup setiap hari.

5. Pilihan menu makanan sehat lainnya

Selain beberapa menu yang disampaikan di atas, Anda juga bisa coba daftar bahan makanan di bawah ini:

  • Biji-bijian utuh.
  • Ikan-ikanan (salmon, tuna, dll.)
  • Kedelai dan olahannya seperti tahu.
  • Kurma.
  • Madu.
  • Biji-bijian, termasuk biji rami dan biji labu.
  • Bawang merah.
  • Bawang putih.
  • Yogurt rendah lemak.
  • Oatmeal.
  • Ubi jalar.
  • Edamame.
  • Minyak zaitun.
  • Tomat.

Dengan beragam pilihan sayur, buah, lauk pauk, dan minuman sebagaimana disebutkan di atas, Anda bisa membuat menu makanan sehat untuk jantung secara leluasa dengan hasil yang lezat dan nikmat. Selamat mencoba.

Kesehatan
10 Makanan yang Tidak Sehat dan Akibat yang Ditimbulkan
Kesehatan
5 Cemilan Sehat untuk Diet, Rendah Kalori Turunkan BB
Kesehatan
9 Manfaat Makan Quinoa. Pengganti Nasi Dengan Sejuta Nutrisi
There are currently no comments.