Kesehatan

9 Manfaat Jeruk Lemon untuk Kesehatan, Diet, dan Wajah


Manfaat jeruk lemon untuk kesehatan sangat banyak. Anda juga bisa menggunakannya buat diet dan kecantikan wajah.

Rugi rasanya bila tidak tahu khasiatnya kemudian bersikap abai terhadap buah sehat yang mengandung banyak vitamin C ini.

Oleh karena itu, kami akan membahas khasiatnya dalam artikel ini.

Khasiat dan manfaat jeruk lemon untuk kesehatan

Khasiat Dan Manfaat Jeruk Lemon Untuk Kesehatan

Jeruk Lemon Untuk Kesehatan

Lemon memiliki kandungan yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Lebih detail, buah yang rasanya masam ini bisa berkhasiat untuk menanggulangi beberapa macam penyakit, di antaranya adalah:

1. Mencegah kanker

Dalam lemon terdapat kandungan flavonoid yang merupakan antioksidan dan berperan dalam menangkal radikal bebas. Selain itu, kandungan flavonoid ini juga memiliki fungsi sebagai anti kanker, anti virus, dan anti alergenik.

Artinya, dengan mengonsumsi lemon, Anda berkesempatan untuk memperoleh khasiat berupa terhindar dari penyakit kanker yang mematikan. Selain itu, penyakit jenis lain seperti virus dan alergi juga bisa diminimalkan dengan baik.

2. Meningkatkan daya tahan tubuh

Imunitas tubuh merupakan hal yang paling penting di era sekarang. Tak hanya buat orang yang sibuk bekerja, tetapi juga kaum lansia yang lebih sering di rumah.

Kabar baiknya, lemon memiliki kandungan vitamin C dalam jumlah banyak. Dalam 100 gram jeruk lemon, terdapat sekitar 39 gram vitamin C.

Kandungan ini sangat penting untuk menjaga kekebalan tubuh. Ditambah lagi, buah berkulit kuning ini juga memiliki quertesin yang menjadi booster imun tubuh manusia.

3. Mencegah penyakit batu ginjal

Bila dikonsumsi secara rutin dan tidak berlebihan, Anda juga bisa merasakan manfaat lemon untuk kesehatan ginjal.

Hal ini sesuai penelitian pada tahun 2017 di Maroko, di mana jus lemon bisa mencegah pembentukan batu ginjal pada tikus.

4. Menyehatkan jantung

Tak hanya ginjal, organ dalam tubuh lain yang bisa menerima dampak positif dari jeruk ini adalah jantung.

Pasalnya, di dalam buah tersebut terkandung kalium. Salah satu kandungan gizi yang penting untuk otak manusia yang memegang peran penting dalam mengontrol tekanan darah dan detak jantung.

5. Mengontrol gula darah, kaitannya dengan diabetes

ADA atau American Diabetes Association memasukkan jeruk ini sebagai salah satu superfood untuk diabetes.

Hal ini bukan tanpa alasan, melainkan karena di dalamnya terdapat quertesin yang juga memiliki fungsi untuk menyeimbangkan kadar gula darah dalam tubuh.

6. Sebagai agen detoksifikasi

Kandungan asam sitrat di dalam jeruk ini membantu dalam proses detoksifikasi. Dia dapat menyerap racun dalam sirkulasi darah kemudian mengekskresikannya melalui air kencing.

Manfaat jeruk lemon untuk wajah

Selain buat kesehatan organ-organ di atas, buah ini juga memiliki fungsi baik untuk kecantikan, di antaranya adalah:

7. Mengurangi kerutan pada kulit

Lemon sering kali dijumpai sebagai salah satu bahan pembuat masker. Hal ini karena manfaatnya adalah sebagai agen untuk menyegarkan kulit dan membuatnya terhindar dari kerutan atau keriput.

Pada kelanjutannya, wajah akan tampak lebih segar terawat sekaligus terjaga kelembapannya.

Khasiat lemon untuk diet

Selanjutnya, buah satu ini juga sangat penting buat diet. Tidak heran bila buahnya direkomendasikan sebagai salah satu menu diet sehat 30 hari. Adapun manfaat yang bisa diperoleh jika memasukkan lemon ke dalam menu makanan diet adalah:

8. Menurunkan berat badan

Terdapat senyawa isothiocyanate di dalamnya yang sangat bagus untuk menurunkan berat badan. Selain itu, kandungan vitamin C-nya juga bagus untuk mengikat lemak. Dengan begitu, buahnya sangat bagus dikonsumsi agar terhindar dari obesitas.

9. Melangsingkan badan

Beberapa kandungan penting yang diperlukan untuk melangsingkan badan adalah vitamin C, B1, kalsium, zat besi, hingga karbohidrat. Secara bersama-sama, kandungan ini akan membantu melangsingkan badan sekaligus menjaga daya tahan tubuh.

Artinya, dalam proses melangsingkan badan, Anda tidak akan merasakan diet yang menyiksa. Sebaliknya, dietnya sehat karena kecukupan nutrisi.

Itulah beberapa manfaat jeruk lemon buat kesehatan tubuh secara menyeluruh. Semoga bermanfaat.

Kesehatan
10 Tanda Terkena Penyakit Tipes. Ternyata Tak Hanya Demam Saja
Kesehatan
7 Olahraga yang Aman dan Sehat dari Rumah Tanpa ke Gym
Kesehatan
7 Daftar Menu Makan Siang Sehat Sederhana ala Rumahan
There are currently no comments.