Kesehatan

10 Manfaat Madu untuk Kesehatan Pria, Wanita, dan Anak


Mau tahu manfaat madu untuk kesehatan tubuh secara lengkap? Kami akan membahas khasiatnya untuk pria, wanita, dan anak-anak dalam artikel ini.

Madu merupakan salah satu bahan makanan alami yang dihasilkan oleh lebah dan dapat dikonsumsi secara langsung atau dicampur dengan bahan lainnya. Bahan makanan ini sangat istimewa karena namanya dipakai sebagai nama surat di dalam Al-Qur’an.

Khasiatnya sudah terkenal di seluruh penjuru dunia. Tak hanya untuk kesehatan, tetapi juga untuk kecantikan.

Tidak heran bila saat ini ada banyak yang mengemasnya menjadi produk aneka rasa hingga sebagai bahan untuk membuat produk kecantikan.

Manfaat madu untuk kesehatan tubuh manusia

Manfaat Madu Untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Madu Baik Untuk Kesehatan Tubuh

Berikut ini beberapa khasiat madu buat kesehatan:

1. Menangkal radikal bebas dan meningkatkan imun tubuh

Madu mengandung fitonutrien yang berperan sebagai antioksidan alami sehingga bisa menangkal radikal bebas. Dengan begitu, tubuh akan terhindar dari kerusakan sel dan jaringan.

Dengan kandungan antioksidan yang tinggi pula, imunitas tubuh akan terjaga. Fitonutrien ini mampu memperkuat sel imun sehingga daya tahan tubuh terjaga dengan mudah.

2. Membantu menghilangkan ketombe

Sebuah jurnal menyebut bahwa madu memiliki khasiat baik untuk mengatasi ketombe yang ada di rambut. Untuk mendapatkan manfaatnya, silakan larutkan honey ke dalam air hangat. Kemudian aplikasikan ke bagian rambut dan diamkan selama tiga jam. Setelah itu, bilas sampai bersih.

3. Mempercepat penyembuhan luka dan luka bakar

Banyak penelitian yang menyebut bahwa madu berperan penting dalam penyembuhan luka dan luka bakar. Produk ini bisa menyingkirkan jaringan yang mati dan menghilangkan bakterinya.

Selanjutnya, dia dapat merangsang pembentukan kulit baru sehingga lukanya dapat tertutup dengan cepat. Namun, pastikan bahwa madunya steril sebelum diaplikasikan ke luka.

4. Meredakan batuk

Khasiat madu dalam meredakan batuk terkait erat dengan kemampuannya dalam mengurangi rasa gatal yang ada di tenggorokan.

Sementara itu, di dalamnya juga ada antioksidan yang bisa berperan dalam mengatasi peradangan. Mulai dari peradangan akibat batuk pada pria, wanita, hingga anak-anak.

5. Menjaga kesehatan pencernaan

Beberapa penelitian menyebut bahwa madu bisa berperan sebagai prebiotik yang sangat bagus untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan manusia.

6. Membantu menjaga kesehatan jantung

Fitonutrien selain berperan sebagai antioksidan sebagaimana dijelaskan di atas, juga berperan dalam meningkatkan kesehatan jantung. Caranya adalah dengan mencegah terbentuknya aterosklerosis dan melancarkan aliran darah.

7. Sebagai energy booster

Dalam satu sendok makan madu terdapat 64 kalori dan 17 gram gula yang lengkap termasuk fruktosa, sukrosa, maltosa, dan glukosa.

Dengan kandungan tersebut, madu menjadi sumber energi yang sangat baik buat tubuh. Glukosa yang lebih mudah diserap tubuh bisa menjadi energi secara langsung. Sedangkan fruktosa yang lebih lambat diserap bisa memberikan energi dalam jangka panjang.

8. Membuat tidur lebih nyenyak

Madu bisa melepaskan serotonin yang akan berubah menjadi melatonin ketika berada di dalam tubuh. Melatonin sendiri merupakan senyawa kimia yang bisa mengatur kualitas tidur.

Apabila Anda sulit tidur, coba campurkan satu sendok teh hangat ke dalam air hangat dan minumlah.

9. Menjaga kadar kolesterol dan trigliserida

Madu berfungsi penting dalam memerangi lemak jahat di dalam darah. Kolesterol dan trigliserida yang menjadi awal mula penyakit jantung pun bisa diperangi dengan bahan makanan satu ini.

10. Khasiat madu untuk wanita hamil

Secara khusus, madu juga dikategorikan sebagai salah satu makanan sehat untuk ibu hamil. Hal ini karena manfaatnya cukup banyak, di antaranya adalah:

  • Sebagai suplemen penambah tenaga.
  • Mengurangi rasa mual.
  • Membantu menambah nafsu makan selama hamil.
  • Menguatkan janin.
  • Mengurangi keluhan susah BAB.
  • Mencegah berbagai penyakit.
  • Menjaga kesehatan dan kebersihan kulit ibu dan janin dalam kandungan.

Itulah beberapa manfaat madu untuk kesehatan yang harus Anda tahu. Masih banyak khasiat lainnya jadi sebaiknya Anda tak ragu lagi untuk mengonsumsinya.

Sumber:

Healthline.com. https://www.healthline.com/nutrition/10-benefits-of-honey

Healthline.com. https://www.healthline.com/health/food-nutrition/top-raw-honey-benefits

Kesehatan
7 Olahraga yang Aman dan Sehat dari Rumah Tanpa ke Gym
Kesehatan
5 Cemilan Sehat untuk Diet, Rendah Kalori Turunkan BB
Kesehatan
6 Penyebab Penyakit Jantung Koroner – Penyempitan Arteri Penyebab Kematian
There are currently no comments.