Kesehatan

11 Manfaat Nanas untuk Kesehatan Pria Wanita yang Lengkap


Yuk cari tahu manfaat nanas untuk kesehatan biar makin mantap dan yakin saat mengonsumsi buah tropis ini.

Bisa dibilang, buah ini free lemak dan kolesterol sehingga masuk dalam jajaran makanan sehat untuk diet. Khasiat lainnya bisa Anda simak dalam artikel ini karena kami akan membahasnya secara lengkap. Selamat menyimak.

Daftar manfaat nanas untuk kesehatan yang harus Anda tahu

Daftar Manfaat Nanas Untuk Kesehatan Yang Harus Anda Tahu

Buah Nanas Banyak Manfaatnya

Berikut ini beberapa manfaat yang dimiliki oleh nanas, buah yang hidup dengan subur di Indonesia dengan rasa yang segar dan manis:

1. Percepatan penyembuhan pasca operasi

Nanas mengandung bromelain yang bertindak sebagai anti inflamasi. Itulah mengapa salah satu fungsinya adalah untuk membantu penyembuhan bagi pasien-pasien yang menjalani operasi. Termasuk di dalamnya adalah ibu yang melahirkan secara sesar.

Lebih detail, beberapa penelitian menyebut bahwa bromelain juga bisa mengurangi bengkak, mengatasi peradangan, meredakan nyeri, hingga memar pasca operasi.

2. Manfaat nanas untuk pria: percepatan pemulihan setelah latihan berat

Kaum pria sering kali melakukan latihan berat atau olahraga dengan intensitas tinggi untuk mencapai target tertentu. Karena intensitas yang terlalu tinggi, kadang tenaganya diforsir habis-habisan dan menyebabkan masalah kesehatan.

Kabar baiknya, bromelain memiliki fungsi untuk memulihkan kerusakan akibat olahraga berat. Dia juga bisa memperbaiki kerusakan yang terjadi di sekitar jaringan otot.

3. Meringankan radang sendi

Penelitian terbaru juga mengungkap efektivitas bromelain terhadap masalah radang sendi. Untuk itu, buah ini patut dicoba saat Anda punya masalah kesehatan seperti rematik atau nyeri sendi lainnya.

Yang perlu diperhatikan adalah pemakaiannya dalam jangka panjang. Pasalnya, sampai sekarang belum jelas apakah nanas bisa dikonsumsi dalam jangka panjang atau tidak.

4. Membantu mencegah kanker

Dalam beberapa studi juga disebut bahwa senyawa dalam nanas bisa mengurangi potensi perkembangan sel kanker. Hal ini erat kaitannya dengan kemampuannya dalam mengatasi stres oksidatif dan peradangan kronis.

5. Membantu proses pencernaan

Bromelain juga dikenal sebagai enzim pencernaan yang bisa membantu manusia dalam mengontrol sistem pencernaannya. Lebih jauh, bromelain akan bertindak sebagai protease yang mampu memecah protein menjadi peptide dan asam amino sehingga lebih mudah diserap oleh usus.

6. Kaya akan antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas dan beragam penyakit

Manfaat nanas buat kesehatan berikutnya berkaitan erat dengan kandungan antioksidannya yang banyak. Dengan kandungan ini, dia mampu menangkal radikal bebas sehingga bisa mencegah peradangan kronis dan kerusakan sel.

Pada kelanjutannya, dengan mengonsumsi dalam jumlah tepat Anda akan terhindar dari beragam penyakit.

7. Khasiat nanas untuk wanita: redakan mual saat hamil

Banyak yang beranggapan bahwa nanas bisa menyebabkan keguguran pada ibu hamil. Padahal faktanya, buah ini mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil asalkan dikonsumsi dalam jumlah yang tepat dan tidak berlebihan.

Salah satu manfaatnya adalah bisa meredakan mual bila diolah menjadi jus dan diminum di pagi hari. Rasa segarnya bisa membuat mulut terasa nyaman dan terhindar dari mual berlebih.

8. Meningkatkan kekebalan tubuh

Nanas merupakan buah yang kaya akan vitamin C dan sangat penting buat meningkatkan daya imun tubuh.

9. Perlindungan terhadap penyakit kardiovaskular

Dalam sebuah studi disebut bahwa jus nanas sangat baik untuk mencegah penyakit jantung karena kemampuannya sebagai kardioprotektif. Hal ini karena adanya kandungan kalium, vitamin C, serat, dan antioksidan di dalamnya.

10. Mendukung kesehatan mental

Dengan nanas, suasana hati akan lebih baik dan terhindar dari stres. Hal ini karena buah ini bisa menghasilkan serotonin.

11. Mencegah asma

Buah ini mengandung betakaroten yang sangat penting untuk menurunkan risiko asma dan peradangan pernafasan.

Masih banyak manfaat nanas untuk kesehatan lainnya seperti meningkatkan kesuburan, mengatasi batuk pilek, memperkuat tulang, hingga menjaga kesehatan mata. Maka dari itu, tak ada alasan lagi untuk menghindarinya.

Kesehatan
6 Penyebab Penyakit Jantung Koroner – Penyempitan Arteri Penyebab Kematian
Kesehatan
7 Penyebab Penyakit Infeksi Saluran Kencing. Bisa Menyebar Hingga Ginjal
Kesehatan
10 Tanda Terkena Penyakit Tipes. Ternyata Tak Hanya Demam Saja
There are currently no comments.