Kesehatan

10 Manfaat Temulawak untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya


Keren! Manfaat temulawak untuk kesehatan sangat banyak dan cara pengolahannya pun sangat mudah. Sangat direkomendasikan untuk dicoba.

Terlebih, temulawak merupakan herbal yang mudah ditemukan di Indonesia. Hanya saja, bentuknya serupa dengan kunyit sehingga Anda harus membedakannya dengan baik sebelum menggunakannya.

Artikel ini akan membahas lengkap mengenai khasiat temulawak buat kesehatan secara ringkas.

Perbedaan temulawak dan kunyit

Sebelum membahas tentang manfaatnya, lebih dulu Anda harus mengenali perbedaannya dengan kunyit. Berdasarkan pengalaman, untuk membedakan temu lawak dan kunyit Anda bisa melihatnya langsung pada warna, bau, dan permukaan kulitnya.

Bau temu lawak biasanya ada campuran daun dan sangat khas. Sementara warnanya lebih muda dibanding kunyit. Ukurannya juga biasanya lebih besar dibanding kunyit dengan permukaan kulit yang lebih kasar.

Manfaat temulawak untuk kesehatan

Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan

Temulawak Baik Untuk Kesehatan

Berikut ini adalah beberapa khasiat temulawak buat kesehatan yang harus Anda tahu:

1. Sebagai obat anti radang

Herbal ini mengandung senyawa anti radang yang berperan dalam mencegah peradangan dengan cara menghambat prostaglandin E2. Maka dari itu, temulawak sangat direkomendasikan buat pencegahan dan pengobatan infeksi.

2. Mencegah dan membantu pengobatan kanker

Kandungan antioksidan dalam temulawak sangat banyak. Inilah yang berperan baik dalam mencegah radikal bebas yang bisa menyebabkan kanker.

Menariknya, selain bisa mencegah, herbal ini juga dipercaya bisa dipakai untuk mengobati penyakit degeneratif tersebut.

3. Mengatasi radang sendi atau osteoarthritis

Salah satu peradangan yang umumnya dialami oleh manusia adalah radang sendi atau osteoarthritis. Bila Anda mengalaminya, maka cobalah mengonsumsi herbal ini secara rutin dan rasakan perbedaannya.

4. Manfaat temulawak untuk lambung: membantu mengatasi masalah sistem pencernaan

Perut kembung, pencernaan tak lancar, atau masalah yang sering melanda perut lainnya bisa diatasi dengan mengonsumsi temulawak. Bahkan, para ahli pun mempercayainya.

Selain khasiat tersebut, herbal ini juga dipercaya bisa merangsang produksi cairan empedu di kantong empedu sehingga bisa membantu metabolisme tubuh.

5. Sebagai antibakteri dan anti jamur

Senyawa antibakteri di dalamnya dipercaya bisa mengatasi masalah bakteri Salmonella hingga Staphylococcus. Sementara itu, kandungan anti jamur di dalamnya juga dikaitkan dengan kemampuannya dalam memerangi Dermatofita.

6. Sebagai obat anti jerawat

Tak hanya buat kesehatan tubuh, khasiat temulawak ternyata juga erat kaitannya dengan kesehatan kulit, khususnya dalam hal mengatasi masalah jerawat. Hal ini karena herbal ini memiliki sifat astringent yang bisa mengurangi produk minyak berlebih pada kelenjar kulit.

Terlebih lagi, ada antiseptik di dalamnya yang bisa membersihkan kulit dari beragam penyebab jerawat.

7. Membantu menjaga kesehatan lever

Lever merupakan organ yang sangat penting untuk dijaga. Menariknya, khasiat temulawak untuk hati sudah tertulis pada jurnal, yakni bisa melindunginya dari hepatotoksin. Hepatotoksin sendiri merupakan senyawa kimia yang bisa berdampak buruk pada lever.

8. Sebagai obat diuretik

Diuretik biasanya dibutuhkan dalam menangani masalah gagal jantung, edema atau pembengkakan jaringan, masalah pada ginjal, hingga gagal hati.

Kabar baiknya, temulawak punya khasiat untuk mengatasi semua itu. Maka dari itu, jangan ragu untuk memasukkannya dalam menu makanan sehat untuk diet Anda.

9. Meningkatkan kemampuan fungsi otak

Temulawak punya kandungan kurkumin yang dapat meningkatkan kadar BDNF, yakni hormon yang bisa memperbaiki dan memperbanyak neuron dalam otak.

10. Sebagai obat stres

Kurkumin dalam herbal ini juga bisa bertindak sebagai anti depresan yang cocok untuk mengatasi masalah stres.

Tips pengolahan dan cara mengonsumsi temulawak

Pengolahan herbal ini tentu harus disesuaikan dengan pemanfaatannya. Namun, apabila Anda ingin mengonsumsinya, maka biasanya herbalnya perlu direbus terlebih dulu di air mendidih dengan menyisakan sedikit air.

Misalnya, Anda memakai 2 gelas air untuk merebus, maka sisakan setengahnya. Setelah itu, ramuan temulawaknya bisa diminum saat hangat.

Itulah beberapa manfaat temulawak untuk kesehatan dan cara pengolahannya secara tepat. Semoga bermanfaat.

Referensi:

Ncbi.nlm.nih.gov. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5004525/

Kesehatan
7 Makanan untuk Wanita Menopause – Atasi Gejala dan Hindari Penyakit
Kesehatan
10 Manfaat Jahe untuk Kesehatan dalam Kehidupan Sehari-hari
Kesehatan
8 Makanan Pantangan Bagi Ibu Hamil – Hindari Keguguran
There are currently no comments.