Kesehatan

7 Daftar Menu Makan Siang Sehat Sederhana ala Rumahan


Pilihlah menu makan siang sehat dengan tepat. Tidak masalah menunya sederhana, asalkan gizinya lengkap dan rasanya lezat sudah lebih dari cukup.

Lagi pula, ada banyak bahan makanan yang bisa diolah. Mulai dari sayuran hingga lauk pauk seperti ayam. Selain itu, Indonesia juga punya banyak bumbu yang akan membuat makanan terasa sangat lezat.

Pada kesempatan ini, kami akan membahas pilihan makanannya. Selamat menyimak.

Susunan menu makan siang sehat yang simpel buat di rumah

Susunan Menu Makan Siang Sehat Yang Simpel Buat Di Rumah

Makan Siang Sehat Simpel Di Rumah

Berikut ini beberapa pilihan menu makanan siang yang rasanya lezat dan cocok buat gaya hidup sehat:

1. Tumis wortel buncis

Wortel dan buncis adalah jenis sayuran yang mudah ditemukan di Indonesia. Selain itu, sayurannya juga mengenyangkan dan memiliki kandungan gizi yang lengkap.

Dengan metode pengolahan yang tepat, buncis dan wortel bisa memberikan manfaat baik buat tubuh. Salah satu metode atau cara pengolahan yang direkomendasikan adalah dengan ditumis.

Menumis hanya membutuhkan sedikit minyak. Anda pun bisa menggunakan minyak sayur supaya hasil masakannya jadi lebih sehat.

2. Tumis daun pepaya

Selain buncis dan wortel, daun pepaya juga sangat mudah ditemukan di Indonesia. Bahkan, di pedesaan daun ini tidak dijual alias bisa diambil secara gratis.

Oleh karena itu, tak heran bila tumis daun pepaya termasuk dalam menu diet sehat 30 hari yang cukup direkomendasikan.

Terlebih lagi, manfaat daun pepaya untuk kesehatan juga sangat banyak, di antaranya adalah meningkatkan daya tahan tubuh, membantu menangani penyakit DBD, mengendalikan gula darah, hingga memperlancar pencernaan.

Yang menjadi tantangan dalam mengolah daun pepaya adalah menghilangkan rasa pahit dari daunnya. Sebab, bagi sebagian orang daun ini meninggalkan rasa pahit di lidah ketika dikonsumsi.

Untuk itu, Anda bisa mulai mencari tahu trik menghilangkan rasa pahitnya sebelum mulai memasak.

3. Menu nasi kari ayam

Kari ayam juga menjadi salah satu menu sehat yang dapat diandalkan. Di sini, ayam tidak digoreng melainkan direbus. Dengan metode ini, lemaknya jadi lebih mudah dikontrol dan sehat.

Tambahan bumbu atau herbal-herbal Indonesia akan menambah cita rasa tersendiri yang membuat rasa menu makan siang yang sehat ini terasa lebih lezat.

4. Salad ayam

Sesekali, Anda bisa coba membuat salad ayam. Berbeda dengan salad sayur yang menggunakan sayuran mentah, di sini ayam harus direbus atau dikukus terlebih dulu.

Agar makin lengkap nilai gizinya, Anda bisa menambahkan sayuran pada salad dengan dressing sesuai selera.

Dengan begitu, protein dari ayam dan serat dari sayuran akan menyatu dan memberikan manfaat terbaik buat tubuh.

5. Mashed potato

Kentang menjadi salah satu umbi-umbian yang bisa diandalkan dalam diet sehat. Salah satu menu makan dari kentang yang dapat dikonsumsi secara aman di siang hari adalah mashed potato.

Anda tinggal mengukus kentangnya kemudian menambahkan bumbu-bumbu tertentu sebelum kentangnya dihancurkan sampai lembut dan siap dimakan.

6. Sup sayuran

Selain bisa dinikmati dalam bentuk sajian salad, Anda juga dapat mengonsumsi sayuran secara aman dalam bentuk olahan sup. Ada banyak jenis sayur yang bisa diolah menjadi sup, misalnya sup labu, sup campuran kentang, wortel, kol, brokoli, dan buncis, serta masih banyak contoh lain.

Kandungan vitamin, mineral, dan serat dalam sayuran akan membantu memperlancar pencernaan yang jelas sangat membantu menjaga metabolisme tubuh.

7. Sandwich daging rendah lemak

Jika Anda tidak terlalu suka makanan yang berkuah atau ingin yang pengolahannya mudah, maka sandwich adalah salah satu menu yang bisa dicoba.

Tambahkan daging rendah lemak yang sudah dimasak, selada, tomat, dan mentimun ke dalam sandwich untuk memperkaya kandungan gizinya.

Selain susunan menu makan siang sehat di atas, ada banyak pilihan menu masakan Indonesia lain yang bisa dicoba. Misalnya soto, tumis kangkung, atau yang lain. Yang terpenting, saat mengolah daging sapi atau ayam, pilihlah yang rendah lemak atau pisahkan kulitnya terlebih dulu.

Kesehatan
9 Penyebab Penyakit Konstipasi – Sembelit Parah yang tak Boleh Diabaikan
Kesehatan
9 Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan dan Efek Samping
Kesehatan
8 Cara Mencukur Bulu Ketiak yang Baik dan Sehat Menurut Islam
There are currently no comments.