Bisnis Kuliner

Cara Membuat Mie Yang Kenyal Dan Tidak Mudah Putus


Bukan hanya nasi, olahan menu mie juga memiliki tempat tersendiri di mata para masyarakat. Dengan cita rasa khas yang begitu lezat, hidangan yang dibuat dari campuran telur, tepung terigu dan air ini sering diolah menjadi berbagai menu yang sedap sekaligus mengenyangkan. Alih-alih membeli mie di pasaran, Anda dapat membuatnya sendiri dirumah dengan cara membuat mie yang kenyal dan tidak mudah putus rekomendasi dari para ahli pembuat mie.

Gambar Cara Membuat Mie Yang Kenyal Dan Tidak Mudah Putus

Ilustrasi Cara Membuat Mie Yang Kenyal Dan Tidak Mudah Putus

Cara Membuat Mie Yang Kenyal Dan Tidak Mudah Putus

Cara untuk membuat mie memang gampang-gampang susah. Apabila pemakaian bahan keliru, hasil mie akan keras serta mudah putus ketika dimasak. Yaps, meskipun dibuat dari berbagai bahan yang sekilas sederhana, akan tetapi penerapan tenik dan trik memasak yang tepat mampu menghasilkan mie yang bercita rasa lezat dan bertekstur kenyal. Lantas, bagaimana cara membuat mie yang kenyal dan tidak mudah putus? Cari tahu disini!

1.Memperhatikan Tepung Terigu

Hal terpenting dalam membuat sajian mie dengan tekstur kenyal serta tidak mudah putus yaitu dengan memilih bahan-bahan berkualitas. Sebisa mungkin, pilihlah tepung terigu yang memiliki kadar gluten berlimpah. Bukan tanpa alasan, gluten yang terkandung dalam tepung terigu tersebut bisa membantu mengenyalkan sekaligus membuat tekstur mie yang Anda buat menjadi lebih kuat dan elastis ketika dibentuk.

2.Memakai Telur Berkualitas

Pemakaian telur ayam yang berkualitas bagus pada dasarnya bisa membantu memperkuat tekstur dari mie yang Anda buat. Maka dari itu, pastikan Anda memilih telur yang masih segar sebelum memasukkannya dalam adonan tepung dan juga air.

Jika Anda merasa kurang yakin dengan kondisi telur yang Anda miliki, maka Anda bisa melakukan tes sederhana dengan cara merendamnya di dalam mangkok berisi air atau mengocok telur secara perlahan.

Idealnya, telur yang masih segar akan cenderung tenggelam ketika direndam di dalam air dan tidak akan terguncang saat digoyang-goyangkan.

3.Menambahkan Sedikit Garam Dalam Adonan

Setelah adonan mie yang Anda buat menjadi kalis, tambahkan sejumput garam halus. Selain bisa menambah rasa, menambahkan sedikit garam dalam adonan mie juga berfungsi untuk membantu meningkatkan pembentukan gluten. Selain itu, garam juga berfungsi untuk mengikat tekstur mie supaya semakin kenyal dan lembut setelah direbus.

Pastikan garam yang Anda bubuhkan tercampur dengan sempurna dengan adonan supaya cita rasa yang dihasilkan semakin sedap.

4.Menambahkan Minyak Goreng

Menambahkan sedikit takaran minyak goreng pada adonan mie yang Anda buat juga tidak kalah penting. Hal ini berfungsi untuk membuat adonan mie menjadi tidak lengket sehingga mudah untuk dibentuk.

Tambahkan 2-3 sdm minyak goreng sembari diuleni secara terus menerus sampai kalis. Jika dirasa masih lengket, Anda bisa membaurkan kembali tepung terigu atau minyak goreng sedikit demi sedikit. Lalu Anda bisa mengatur kekenyalannya dengan menekan-nekankan permukaan adonan mie secara lembut.

Baca Juga : Cara Membuat Pajangan Bunga dari Sedotan dengan Mudah dan Simpel

5.Meniriskan Adonan Mie Pada Wadah Kedap Udara

Cara membuat mie yang kenyal dan tidak mudah putus berikutnya adalah meniriskan adonan. Biasanya, mie segar hanya bisa bertahan kurang lebih selama 8 jam. Sesudah itu, tekstur mie akan mengeras serta mudah mudah. Sebagai cara untuk mengantisipasinya, Anda bisa menyimpan adonan mie yang sudah jadi dalam wadah kedap udara. Lalu, jika adonan mie dirasa masih tersisa banyak, Anda bisa memasukkan kembali pada wadah dan dimasukkan ke dalam lemari pendingin.

Nah, itu tadi cara membuat mie yang kenyal dan tidak mudah putus yang bisa Anda coba dengan mudah. Bagi Anda pecinta menu masakan mie, ada baiknya Anda berkreasi untuk membuat mie sendiri.

Bisnis Kuliner
Burger Qebul, Kuliner Enak Anak Jakarta
There are currently no comments.