Kesehatan

9 Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan dan Efek Samping


Kenali manfaat kayu manis untuk kesehatan. Herbal satu ini masuk dalam salah satu JBR (Jurus Sehat Rasulullah) yang dikemukakan oleh dr. Zaidul Akbar.

Selain khasiatnya, Anda juga perlu tahu bagaimana cara mengonsumsi dan efek sampingnya. Maka dari itu, kami akan membahasnya selengkapnya dalam artikel ini. Selamat menyimak.

Manfaat kayu manis untuk kesehatan

Sebagai salah satu herbal yang ada dalam hidup sehat ala Rasulullah, cinnamon memang tidak bisa dipandang sebelah mata. Herbal satu ini punya beragam kandungan yang sangat penting untuk tubuh manusia.

Manfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan

Kayu Manis

Berikut ini beberapa khasiat cinnamon yang harus Anda tahu:

1. Menurunkan risiko diabetes

Salah satu manfaatnya adalah bisa menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Hal ini penting untuk para penderita diabetes yang memiliki gula darah di atas normal.

Selain itu, penting juga buat manusia normal untuk menjaga kadar gula darahnya sehingga terhindar dari risiko diabetes. Khususnya buat mereka yang memang ada keturunan diabetes.

2. Mengatasi nyeri menstruasi

Gejala menstruasi itu beragam. Di antaranya adalah rasa nyeri yang muncul saat hendak haid sampai beberapa hari di awal haid. Pada sebagian wanita, hal ini benar-benar menyiksa sampai mengganggu aktivitas.

Nah, cinnamon bisa menjadi solusi baik untuk mengatasi gejala-gejala yang muncul pada saat menstruasi. Termasuk salah satunya rasa nyeri yang teramat sangat.

3. Menurunkan risiko peradangan

Manfaat berikutnya adalah mengurangi risiko infeksi. Pasalnya, terdapat kandungan anti inflamasi di dalam herbal satu ini.

4. Meningkatkan kadar kolesterol baik yang ada di dalam tubuh dan baik untuk jantung

Kolesterol menjadi salah satu komponen yang ditemukan dalam tubuh manusia. Masalahnya, ada kolesterol baik yang bisa membantu menjaga kesehatan, ada pula kolesterol jahat yang mengganggu kesehatan.

Cinnamon memiliki khasiat untuk meningkatkan kadar kolesterol baik sehingga bagus untuk jantung dan tubuh secara keseluruhan.

5. Membantu menurunkan berat badan

Herbal satu ini bisa mengurangi efek buruk dari makanan berlemak sehingga bisa membantu menurunkan berat badan.

6. Melawan bakteri dan jamur

Terdapat kandungan anti bakteri dan anti jamur dalam herbal ini. Hasilnya, dia memiliki khasiat untuk melawan bakteri dan jamur di dalam tubuh apabila dikonsumsi.

7. Menangkal radikal bebas

Kandungan antioksidan dalam herbal ini cukup bagus untuk menangkal radikal bebas sekaligus meningkat imunitas tubuh.

8. Membantu menjaga kesehatan otak

Fungsi otak tetap terjaga bila Anda memanfaatkan cinnamon. Dengan begitu, Anda juga akan terhindar dari penyakit generatif seperti parkinson dan alzheimer.

9. Khasiat kayu manis untuk wanita: mencegah penuaan dini

Selain bagus buat meredakan nyeri saat menstruasi, kayu satu ini juga mampu mencegah penuaan dini. Dua manfaat ini penting buat para wanita.

Cara mengonsumsi kayu manis

Untuk mendapatkan manfaat di atas, cara mengonsumsinya adalah dengan meminum rebusan kayu manis.

Cara membuatnya cukup mudah, Anda bisa merebus secara langsung. Atau, siapkan gelas, beri madu dan cinnamon. Tuang air panas kemudian gunakan cinnamon-nya untuk mengaduk sampai larut. Diamkan sejenak dan minumlah saat suhunya sudah sejuk.

Selain bisa dicampur dengan madu, bahan ini juga bisa dicampur dengan jahe agar khasiatnya lebih optimal.

Efek samping kayu manis

Meski bagus buat tubuh, herbal ini bisa menimbulkan efek samping apabila dikonsumsi terlalu berlebihan. Adapun contoh efek sampingnya adalah:

  • Terjadinya iritasi tenggorokan (bisa batuk atau sulit bernafas).
  • Lemas dan pusing karena penurunan gula darah yang terlalu besar.

Oleh karena itu, sebaiknya manfaat kayu manis bagi kesehatan ini dinikmati dalam porsi yang cukup. Jangan sampai berlebihan dalam mengonsumsinya agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Demikian informasinya dan semoga bermanfaat.

Sumber:

BBCgoodfood.com. https://www.bbcgoodfood.com/howto/guide/health-benefits-cinnamon

Kesehatan
Pola Hidup Bersih dan Sehat: Pengertian, Manfaat, dan Contoh
Kesehatan
6 Resep Jus Sehat dan Manfaatnya untuk Kesehatan Keluarga
Kesehatan
6 Tanda Terkena PCOS – Muncul Dimulai Usia Remaja
There are currently no comments.