Kesehatan

Pola Hidup Sehat ala Rasulullah SAW yang Terbukti Ampuh


Yuk kita ikuti tuntunan hidup sehat ala Rasulullah SAW agar bisa menjaga titipan nikmat kesehatan dari Allah SWT. Tuntunan ini sudah langsung dicontohkan oleh Sang Rasul sehingga terbukti ampuh untuk menjaga kesehatan.

Terlebih lagi, kebanyakan ilmu sehatnya juga tertulis di dalam Al-Qur’an dan Hadits sehingga keampuhannya tidak diragukan lagi.

Artikel ini akan membahas secara detail mengenai pola hidup ala Rasulullah yang bisa Anda tiru dengan mudah asalkan punya tekad untuk menjalankannya. Selamat menyimak.

Hidup sehat ala Rasulullah mulai dari bangun tidur setiap hari

Ada banyak ajaran hidup sehat yang telah dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW. Sayangnya, tidak semua umat Islam mengikutinya.

Hidup Sehat Ala Rasulullah Mulai Dari Bangun Tidur Setiap Hari

Hidup yang Sehat Seperti Rasulullah

Mengikuti ajaran hidup sehat tersebut memang tidak wajib, namun jika Anda masih ingin mencoba metode yang sudah terbukti ini, silakan simak ulasan di bawah ini:

1. Tidak makan berlebihan (berhenti makan sebelum kenyang)

Dalam sebuah hadits shahih disebutkan bahwa kita harus berhenti makan sebelum kenyang. Hadits ini mengandung banyak makna bagi seluruh umat muslim yang ingin menjaga kesehatannya, salah satunya adalah agar tidak makan berlebihan.

Makanlah saat merasa lapar dan berhentilah saat belum kenyang dan perut sudah terisi. Hal ini karena secara medis, sinyal perut kenyang memerlukan waktu beberapa lama untuk bisa sampai ke otak dan Anda menyadari rasa kenyang tersebut.

Bila dipaksakan makan berlebihan dan baru berhenti saat benar-benar kenyang, dikhawatirkan Anda akan kekenyangan dan ini bisa menyebabkan mual bahkan muntah.

2. Pandai mengatur dan menghitung porsi makan

Agar bisa berhenti makan sebelum kenyang, Anda harus mengenali porsi makan umum untuk diri sendiri. Pasalnya, setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda. Ada yang bisa makan dalam porsi banyak, ada pula yang porsinya kecil tapi sering.

Pandai Mengatur Dan Menghitung Porsi Makan

Atur Porsi Makan

Kenali porsi makan Anda dan makanlah sesuai dengan kebiasaan tersebut. Jangan melebihi porsi karena ini bisa menyebabkan kekenyangan yang secara langsung bisa mengakibatkan muntah.

Yang terpenting adalah Anda bisa mengonsumsi dan mendapatkan energi dari makanan tersebut.

Terlebih lagi, dalam sebuah hadits disebut bahwa hendaknya manusia makan dengan 3 pembagian tempat pada perut. Pertama untuk makanan, kedua untuk minuman, dan ketiga untuk pernafasan.

Hal ini karena kebanyakan makan dapat menyebabkan sesak nafas atau pernafasan jadi terganggu.

3. Tidak makan makanan haram

Islam jelas mengharamkan makanan-makanan tertentu seperti daging babi. Hindarilah makanan ini karena faktanya sudah ada studi yang membuktikan dampak negatif dari mengonsumsi makanan tersebut.

Pilihlah makanan halal yang menyehatkan agar bisa turut menerapkan pola hidup sehat ala Rasulullah SAW.

4. Tidak minum minuman haram (minum minuman sehat ala Rasulullah)

Selain makanan, Islam juga melarang meminum minuman haram seperti khamr atau minuman keras. Minuman-minuman yang memabukkan tersebut bisa membuat seseorang kehilangan kesadaran dan melakukan tindakan di luar nalar manusia normal.

Perintah untuk tidak meminum khamr ini bahkan sudah jelas tertulis dalam Al Quran surat Al Maidah ayat 90 sampai 91.

Selain itu, pada beberapa studi juga disebut bahwa minuman keras memang tidak baik untuk kesehatan karena bisa merusak tubuh dari dalam.

Alih-alih minum khamr, sebaiknya Anda minum minuman halal dalam Islam seperti air putih atau air zam-zam yang juga sangat cocok buat makanan sehat untuk ibu hamil.

5. Berpuasa dan manfaat puasa bagi kesehatan

Puasa adalah salah satu rukun Islam. Setiap tahun, dalam sebulan semua umat Islam wajib berpuasa Ramadhan. Dengan menjalankannya, Anda akan mendapatkan beragam manfaat puasa bagi kesehatan.

Terlebih jika mau menjalankan sunah rasul dengan berpuasa Senin Kamis, puasa Daud, atau puasa sunah lainnya. Jelas, khasiatnya akan semakin banyak buat tubuh.

Khasiat ini bahkan sudah ada yang diteliti dan memang terbukti ampuh. Salah satu manfaat berpuasa adalah mendapatkan berat badan ideal atau terhindar dari obesitas yang dapat mengancam jiwa.

6. Menjalankan tidur sehat ala Rasulullah

Ternyata tidak hanya makanan, ada juga tidur sehat ala Rasulullah yang bisa Anda tiru. Adapun cara tidur yang direkomendasikan adalah dengan cara tidak tengkurap dan lebih memilih posisi tidur miring ke kanan.

Menjalankan Tidur Sehat Ala Rasulullah

Cara Tidur Rasulullah

Ini adalah kondisi yang baik sehingga membuat tubuh terasa segar saat bangun di pagi hari.

Selain itu, pastikan juga Anda tidak tidur terlalu larut malam atau tidak begadang. Dengan begitu, kualitas dan kuantitas tidur dapat terjaga dan tubuh menjadi lebih sehat.

7. Menjaga kebersihan tubuh termasuk menjalankan cara mencukur bulu ketiak yang baik dan sehat menurut Islam

Kebersihan merupakan salah satu bagian terpenting dalam penerapan pola hidup Rasulullah SAW. Yang dimaksud di sini tidak hanya soal mandi atau menyikat gigi saja.

Lebih dari itu, Allah juga memberikan contoh tentang cara mencukur rambut dan bulu yang ada di tubuh termasuk cara mencukur bulu ketiak yang baik dan sehat menurut Islam.

8. Menjaga kebersihan lingkungan

Selain tubuh, lingkungan juga harus menjadi perhatian seorang muslim. Salah satu perintah wajib menjaga kebersihan lingkungan adalah adanya batasan suci pada tempat-tempat ibadah. Selain itu, pakaian-pakaian yang dipakai salat juga harus suci dari najis.

Bahkan, ilmu mengenai thoharoh atau bersuci ini biasanya menjadi bab pertama yang dibahas dalam kitab-kitab fiqih.

9. Mengelola emosi (tidak marah)

Ada banyak hadits yang menjelaskan agar umat Islam tidak mudah marah karena itu merupakan godaan setan. Bahkan, hadits tersebut juga mengungkap cara paling jitu untuk menghadapi rasa marah yang berkepanjangan. Misalnya dengan berwudlu.

Perintah untuk tidak marah ini pada dasarnya merujuk pada kemampuan umat untuk dapat mengelola emosinya dengan baik. Bisa berperilaku baik kepada semua orang sehingga emosinya lebih terjaga.

Dengan emosi yang terjaga, Anda juga akan terhindar dari stres yang saat ini menjadi pemicu buat berbagai macam penyakit.

10. Bekam

Salah satu metode pengobatan yang diajarkan oleh Rasulullah adalah bekam. Anda juga bisa mencobanya jika ingin menerapkan hidup sehat ala Rasulullah.

Metode ini dipercaya bisa membuang darah kotor dari dalam tubuh sehingga racun-racunnya juga ikut keluar.

11. Silaturahmi

Bersilaturahmi, bertemu dengan orang yang disayang dan dikenal baik merupakan salah satu cara menyembuhkan luka batin. Jika luka batin terus dipelihara tanpa solusi maka bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Menu berbuka puasa yang sehat

Sebagaimana disebutkan di atas, salah satu metode pola hidup ala Rasulullah adalah dengan berpuasa. Agar tetap bisa kuat puasa, Anda harus mengelola makanan yang dikonsumsi saat sahur dan berbuka.

Salah satu menu berbuka puasa yang sehat dan disarankan oleh Rasulullah adalah kurma. Mengawali buka puasa dengan 3 kurma adalah sunah yang bisa dicontoh.

Hidup sehat ala Rasulullah dr Zaidul Akbar dan manfaat kayu manis untuk kesehatan

Dr Zaidul Akbar merupakan dokter yang memaparkan jurus sehat Rasulullah atau JSR. Salah satu saran yang diungkap dalam jurus tersebut, kita sebaiknya menghindari meminum teh kemasan dan beralih ke teh serai, kayu manis, hingga jahe.

Ketiganya merupakan bahan alami yang jelas bermanfaat untuk tubuh. Termasuk salah satunya manfaat kayu manis untuk kesehatan, yakni untuk menurunkan risiko diabetes, menurunkan berat badan, dan khasiat-khasiat lainnya.

Demikian informasi tentang hidup sehat ala Rasulullah yang bisa kami sampaikan. Semoga bermanfaat dan selamat menjalankannya.

Kesehatan
10 Manfaat Temulawak untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya
Kesehatan
7 Manfaat Makan Singkong – Lebih Menyehatkan Dari Nasi Putih
Kesehatan
9 Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan dan Efek Samping
There are currently no comments.