Kesehatan

8 Menu Berbuka Puasa yang Sehat, Lezat, Praktis, Simpel


Yuk buat menu berbuka puasa yang sehat biar asupan gizi tetap terpenuhi dan tubuh bugar terus selama Anda berpuasa.

Tak usah khawatir soal pilihan makanannya. Sebab faktanya ada banyak pilihan menu ala Indonesia yang bisa Anda coba. Perhatikan saja pilihan bahan dan cara memasaknya agar lebih aman buat tubuh.

Pada kesempatan ini, kami akan sampaikan beberapa pilihan menunya. Selamat menyimak.

Menu berbuka puasa yang sehat yang sehat dan murah, aman buat 1 bulan

Berpuasa merupakan salah satu cara hidup sehat ala Rasulullah. Nah, untuk tetap bugar selama berpuasa, Anda perlu memilih menu buka dan sahur dengan tepat.

Menu Berbuka Puasa Yang Sehat Dan Murah, Aman Buat 1 Bulan

Buka Puasa Sehat Dengan Kurma

Pasalnya, di dua momen inilah tubuh akan mendapatkan asupan nutrisinya. Mulai dari karbohidrat, protein, serat, dan yang lainnya.

Nah, berikut ini adalah beberapa pilihan menu buka puasa yang bisa Anda pilih untuk mengembalikan energi setelah berpuasa selama 1 hari penuh:

1. Kurma

Kurma merupakan salah satu menu yang sebaiknya tidak ditinggalkan saat buka puasa. Pasalnya, kurma menjadi salah satu menu yang sangat disarankan oleh Rasulullah.

Selalu sediakan kurma saat bulan Ramadhan tiba. Konsumsi 3 buah kurma sebelum mengonsumsi hidangan utama. Alih-alih gorengan yang mengandung banyak lemak, kurma dinilai jauh lebih sehat dan mengikuti sunah nabi SAW.

2. Telur

Agar bisa kenyang lebih lama, cobalah konsumsi protein dari telur. Pengolahannya sangat simpel. Anda bisa merebusnya, membuatnya orak-arik dengan sedikit minyak dan tambahan sayur, atau yang lain. Buat secara sehat dan menarik agar makin semangat mengonsumsinya.

3. Ikan-ikanan

Ada banyak jenis ikan yang bisa dikonsumsi saat buka puasa. Misalnya, ikan salmon, tuna, atau ikan-ikanan lain yang harganya lebih murah.

Biasanya, di kampung yang dekat dengan laut pilihan ikannya lebih banyak dan masih sangat segar sehingga rasanya pun terasa lebih nikmat.

Perhatikan cara pengolahannya yang benar. Anda bisa mengukus atau merebus. Kalau mau mengukus, silakan buat pepes ikan. Kalau mau direbus, ikannya bisa dibuat menjadi ikan masak bumbu kuning, sarden, sup ikan, atau yang lainnya. Silakan berkreasi agar tidak bosan.

4. Daging ayam

Ayam merupakan salah satu jenis daging yang harganya relatif murah dan jadi favorit keluarga. Alih-alih memasaknya dengan cara digoreng, cobalah menu lain yang menyegarkan.

Beberapa contoh menunya adalah dibuat asem-asem ayam, sup daging ayam, hingga soto ayam. Masih banyak contoh menu lainnya. Yang paling penting, kandungan protein dalam ayam sangat baik buat mengembalikan energi tubuh.

Kalau mau lebih aman, hindari pemakaian kulit untuk mengurangi asupan lemak dari ayamnya.

5. Sayuran hijau

Ada banyak jenis sayuran hijau yang bisa dimasak saat berbuka. Contohnya bayam, kangkung, brokoli, dan yang lainnya.

Anda bisa menumis, mengukus, atau merebus. Contoh menunya adalah sayur asam, urap-urap, pecel, dan yang lainnya.

6. Sayuran lainnya

Anda bisa coba beberapa sayuran sop seperti wortel, kubis, dan yang lainya. Ketika dimasak jadi sup, rasanya akan lezat dan nutrisinya bisa memenuhi kebutuhan tubuh.

7. Buah-buahan

Jangan lupakan buah saat menyiapkan menu berbuka puasa sehat. Anda bisa memakan buah segar, bisa juga dibuat menjadi jus atau smoothies. Tinggal sesuaikan dengan selera.

8. Air putih dan cairan lainnya

Penuhi kebutuhan cairan tubuh selama masa berbuka. Mulai dari saat bedug maghrib sampai sahur. Pastikan kebutuhan air putih terpenuhi untuk tubuh Anda.

Selain mengonsumsi menu buka puasa yang sehat di atas, Anda juga harus menghindari beberapa makanan seperti gorengan, makanan tinggi gula, makanan yang terlalu asam dan pedas, dan yang lainnya. Semoga bermanfaat.

Kesehatan
8 Makanan Pantangan Bagi Ibu Hamil – Hindari Keguguran
Kesehatan
7 Makanan yang Merusak Otak – Mendatangkan Demensia dan Alzheimer
Kesehatan
Makanan Sehat untuk Jantung yang Lengkap dan Penting
There are currently no comments.