Kesehatan

10 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Jasmani dan Rohani


Menakjubkan! Ada banyak manfaat puasa bagi kesehatan yang bisa Anda raih jika mau menjalankannya dengan ikhlas, rutin, dan penuh semangat.

Selain bisa menjaga tubuh Anda dari berbagai macam penyakit, puasa ternyata juga bisa menyehatkan mental atau rohani.

Pada kesempatan ini, kami akan membahas beberapa manfaat berpuasa untuk kesehatan jiwa dan raga. Selamat menyimak.

Manfaat puasa bagi kesehatan tubuh dan jiwa

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh Dan Jiwa

Puasa

Sebagai salah satu cara hidup sehat ala Rasulullah, puasa memang menjadi salah satu aktivitas yang sayang bila ditinggalkan, khususnya oleh umat muslim. Pasalnya, dengan berpuasa ada banyak hal yang akan didapatkan, berikut ini beberapa di antaranya:

1. Menyehatkan jantung

Jantung merupakan organ penting dalam tubuh manusia. Kabar baiknya, dengan berpuasa Anda bisa menyehatkan organ paling penting ini.

Hal ini terungkap dalam penelitian yang menyebut bahwa seorang yang berpuasa minimal sebulan sekali memiliki risiko terkena penyakit jantung lebih rendah 58% dari pada mereka yang tidak berpuasa. Dengan kata lain, orang yang berpuasa memiliki jantung yang lebih sehat.

2. Menurunkan risiko penyakit kanker

Selama puasa, laju pembelahan sel yang ada di dalam tubuh berkurang. Pada saat bersamaan, kondisi ini bisa memperlambat pertumbuhan sel yang tak terkendali akibat tidak tercukupinya asupan.

Meski masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai hal ini, namun sebagian orang percaya bahwa berpuasa memang disinyalir bisa menghindarkan seseorang dari serangan kanker karena hal tersebut.

3. Mendapatkan berat badan ideal

Selama berpuasa, asupan nutrisi dan jam makannya akan diatur dengan sangat detail. Hal inilah yang membuatnya jadi salah satu cara diet sehat yang banyak diterapkan di Indonesia.

Sebagian besar orang juga telah berhasil menurunkan berat badan dan menjaga keidealan berat badannya melalui berpuasa.

Namun, cara ini bisa berhasil dalam jangka panjang apabila pola makan saat berpuasa diterapkan dengan tepat dan stabil.

4. Mengurangi risiko peradangan

Apabila diiringi dengan pola makan yang sehat, berpuasa bisa menghindarkan Anda dari risiko infeksi seperti radang sendi, penyakit kulit, radang usus besar, dan yang lainnya.

5. Membantu menahan emosi

Saat berpuasa, seseorang tidak hanya diajari untuk menahan nafsu makan dan minum saja. Melainkan juga untuk terus sabar dan menahan emosi dengan baik. Ketika momen tersebut dilakukan, maka ada rasa bahagia karena bisa bersyukur dan menerima diri sendiri apa adanya.

6. Meningkatkan fungsi otak

Sebuah studi terhadap hewan menyebutkan bahwa puasa bisa meningkatkan produksi sel saraf yang bisa membantu meningkatkan fungsi kognitif. Selain itu, puasa juga bisa menjaga kesehatan otak.

Pada kelanjutannya orang yang berpuasa tidak gampang lupa, lebih fokus, dan terhindar dari penyakit parkinson dan alzheimer.

7. Mengontrol gula darah

Sudah banyak penelitian yang menyatakan bahwa dengan berpuasa seseorang bisa mendapatkan khasiat baik atas kontrol gula darah. Hal ini tentu saja sangat bagus buat para penderita diabetes.

8. Memperkuat kekebalan tubuh

Meski harus mengurangi asupan nutrisi, ternyata manfaat puasa buat kesehatan salah satunya adalah untuk memperkuat imunitas dan kekebalan tubuh. Pasalnya, selama melakukan aktivitas tersebut, sel getah bening bisa meningkat 10 kali lipat.

9. Membantu regenerasi sel

Saat menjalankan ibadah puasa, organ tubuh akan melakukan regenerasi atau pembaharuan sel. Dengan begitu, kualitas sel akan menjadi lebih baik dan tubuh akan jauh lebih sehat.

10. Detoksifikasi tubuh

Saat ibadah ini dijalankan, baik ketika momen Ramadhan, Senin-Kamis, Daud, atau yang lainnya, maka di saat itulah terjadi pembuangan racun di dalam tubuh atau detoksifikasi.

Artinya, zat-zat yang tersimpan dalam tubuh merupakan yang baik dan bisa digunakan secara optimal.

Itulah beberapa manfaat puasa bagi kesehatan yang harus Anda tahu. Sebagai umat Islam, sudah sewajarnya kita menjalankan ibadah yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW ini.

Kesehatan
8 Makanan Pantangan Bagi Ibu Hamil – Hindari Keguguran
Kesehatan
7 Olahraga yang Aman dan Sehat dari Rumah Tanpa ke Gym
Kesehatan
9 Adab Tidur Sehat Ala Rasulullah yang Bisa Anda Teladani
There are currently no comments.