Kesehatan

7 Olahraga yang Aman dan Sehat dari Rumah Tanpa ke Gym


Malas nge-gym? Pilih olahraga yang aman dan sehat dari rumah. Gerakannya simpel dan tidak memerlukan peralatan yang mahal.

Dengan gerakan olahraga yang sederhana, Anda bisa menjaga kesehatan dan kekebalan tubuh. Tetap bugar meski saat masa pandemi.

Kami akan membahas pilihan olahraganya dalam artikel ini. Anda bisa memilihnya salah satu atau menjalankan beberapa jenis olahraga secara rutin. Selamat menyimak.

Daftar 7 olahraga yang aman dan sehat untuk kekebalan tubuh

Daftar 7 Olahraga Yang Aman Dan Sehat Untuk Kekebalan Tubuh

Olahraga Aman Sehat

Untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat, salah satu hal yang harus dilakukan adalah olahraga. Tak perlu mahal atau menyita waktu, Anda bisa melakukan contoh olahraga di bawah ini di sela-sela kesibukan:

1. Jalan kaki pagi

Pagi hari adalah saat yang paling aman dan nyaman untuk menghirup udara segar yang masih bersih. Agar bisa mendapatkan udara itu secara maksimal, silakan jalan-jalan pagi. Selain bisa berkeringat dan membakar kalori, Anda juga bisa tersinari matahari pagi yang bagus untuk tubuh.

Cara ini bisa dilakukan setiap hari atau dijadwalkan rutin 2-3 kali dalam satu minggu agar badan jadi bugar dan kebal terhadap penyakit.

2. Lari pagi keliling kompleks

Apabila jalan kaki pagi bisa dilakukan setiap hari, maka lari pagi dapat dijadwalkan minimal seminggu sekali. Namun, pastikan jaraknya berbeda dengan saat jalan kaki. Anda bisa menentukan cakupan jarak sekompleks dengan total 3 sampai 4 km. Tergantung kemampuan masing-masing.

Biasanya, orang-orang rutin melakukannya di hari libur atau minggu. Saat lari pagi, Anda juga akan mendapatkan udara yang bersih dan vitamin dari sinar matahari.

Selain keringat, tubuh juga akan mendapatkan nutrisi yang baik sehingga aman dari penyakit.

3. Sit up

Ini adalah sejenis olahraga yang bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja, khususnya di rumah. Anda bisa melakukannya di pagi hari, sambil mengurus rumah, hingga malam sebelum tidur.

Selain bisa melemaskan otot-otot, sit up juga bisa dimaksudkan untuk mengecilkan perut buat pria maupun wanita. Khususnya buat orang yang punya masalah dengan perut buncit.

Bahkan, olahraga ini juga cocok buat ibu-ibu setelah melahirkan. Di mana biasanya perut melar setelah hamil selama 9 bulan.

Kunci sukses pengecilan perut dengan sit up bukanlah pada seberapa keras usaha Anda, tetapi rutin tidaknya.

Sebagai contoh, sit up yang dilakukan sebanyak 50 kali dalam satu minggu punya efek berbeda dengan sit up sebanyak 25 kali yang dilakukan setiap malam. Dalam hal ini, melakukannya secara rutin akan memberikan dampak yang luar biasa.

4. Push up

Selain sit up, Anda juga bisa mencoba push up. Jenis olahraga ini juga bisa dilakukan kapan saja dari rumah. Baik itu oleh cowok maupun cewek.

Ini akan membantu mengecilkan perut, menguatkan otot lengan, dan menjaga stamina.

5. Naik turun tangga

Jika Anda adalah karyawan yang tidak punya banyak waktu di rumah, maka tak usah khawatir. Ada olahraga yang bisa dilakukan di sela kesibukan. Salah satunya adalah memilih tangga dibanding naik lift saat menuju ke kantor.

6. Menari

Menari merupakan salah satu cara membakar kalori yang cukup menyenangkan. Tak perlu datang ke kelas zumba atau semacamnya, Anda bisa mendengarkan musik favorit kemudian menggoyangkan badan mengikuti iramanya.

7. Skipping

Olahraga yang satu ini butuh alat, tapi tidak terlalu mahal. Anda bahkan bisa buat alatnya dari tali biasa. Dengan melakukan skipping, ada banyak hal yang akan didapatkan. Salah satunya adalah kebiasaan diri dalam mengatur nafas dan kemampuan untuk mengelolanya dengan baik.

Itulah beberapa contoh olahraga yang membuat badan sehat. Agar lebih aman, pastikan untuk melakukan pemanasan sebelum memulai dan jangan memaksakan diri.

Kesehatan
10 Manfaat Jahe untuk Kesehatan dalam Kehidupan Sehari-hari
Kesehatan
11 Ide Cemilan Sehat untuk Ibu Hamil yang Simpel dan Lezat
Kesehatan
Menu Diet Sehat 30 Hari: Pagi, Siang, Malam, Snack, Minuman
There are currently no comments.