Kesehatan

Pola Hidup Bersih dan Sehat: Pengertian, Manfaat, dan Contoh


Menerapkan pola hidup bersih dan sehat itu penting dan bermanfaat buat kehidupan jangka panjang. Sayangnya, masih banyak yang mengabaikannya.

Untuk itu, pemerintah mencanangkan program PHBS yang memiliki kepanjangan “perilaku hidup bersih dan sehat”. Dengan program ini diharapkan masyarakat lebih aware dimulai dari diri sendiri, rumah tangga (keluarga), dan lingkungan sekitarnya.

Pada kesempatan ini, kami akan membahas tentang pola hidup yang bersih dan menyehatkan. Selamat menyimak.

Pengertian perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS)

Sebelum membahas lebih jauh mengenai PHBS, mari kita kenali dulu pengertiannya.

Pengertian Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (phbs)

PHBS adalah sebuah program yang dicanangkan oleh pemerintah dalam rangka menegakkan prinsip “lebih baik mencegah dari pada mengobati”. Prinsip ini pada dasarnya sudah diketahui oleh banyak orang, namun pengaplikasiannya dirasa masih kurang.

Buktinya, masih banyak orang yang menyepelekannya dan tidak melaksanakannya dengan baik. Tak jarang, masyarakat acuh dan tidak mau menjalankannya dengan alasan-alasan tertentu yang dilogiskan hingga akhirnya menjadi sebuah kebiasaan.

Pola hidup dalam PHBS yang disarankan oleh pemerintah mengacu kepada kesadaran untuk menegakkan pola hidup sehat dari diri sendiri dan anggota keluarga.

Manfaat menerapkan pola hidup bersih dan sehat

Manfaat Menerapkan Pola Hidup Bersih Dan Sehat

Ada banyak hal yang bisa didapatkan saat seseorang mau menerapkan pola hidup yang bersih dan sehat, di antaranya adalah:

1. Terhindar dari penyakit

Hal pertama yang bisa Anda dapatkan saat rutin menjalankan pola hidup yang sehat adalah bisa terhindar dari penyakit.

Hal ini karena dalam pola tersebut Anda diharapkan mengonsumsi makanan sehat yang bernutrisi lengkap. Sedangkan nutrisi dan vitamin tersebut berperan penting dalam mencegah beberapa jenis penyakit, termasuk sakit yang berhubungan dengan infeksi, penyakit degeneratif, hingga yang membahayakan.

2. Lebih bersemangat

Saat menerapkan pola hidup yang sehat, tidak hanya makanan yang menjadi fokusnya, melainkan juga olahraga dan aktivitas sehari-hari.

Kabar baiknya, saat seseorang menjalankan olahraga secara rutin, maka mereka cenderung memiliki kondisi tubuh yang prima dan bisa lebih bersemangat.

3. Menjaga berat badan ideal

Dalam setiap tips diet untuk menjaga berat badan ideal, selalu saja ada poin yang menyarankan pelakunya untuk menjalankan PHBS. Pasalnya, perilaku ini mengarahkan Anda untuk mengonsumsi makanan sehat, menjaga kebersihan lingkungan, menjalankan olahraga, dan lainnya.

Untuk poin mengonsumsi makanan sehat misalnya, pelaku diharapkan menghindari makanan yang berlemak dan menggantinya dengan makanan yang kaya akan serat serta menyehatkan. Selain nutrisi, perilaku ini juga mengajak pelakunya untuk mengonsumsi makanan secara seimbang (tidak berlebih).

Hal inilah yang kemudian bisa membantu Anda untuk menjaga berat badan supaya tetap ideal dan tidak sampai mengalami kegemukan dan obesitas.

4. Meningkatkan produktivitas

Karena semangat yang tinggi dan kondisi tubuh yang lebih prima akibat pola hidup bersih dan sehat yang diterapkan, bukan tidak mungkin ini akan meningkatkan produktivitas seseorang.

Pasalnya, tubuh akan terasa lebih bugar dan Anda pun siap untuk menjalankan aktivitas secara produktif dan tidak bermalas-malasan.

Pada kelanjutannya, hal ini akan meningkatkan taraf hidup seseorang, baik dalam bidang kesehatan maupun ekonomi.

5. Mendukung tumbuh kembang anak

Ketika PHBS diterapkan di dalam rumah tangga, maka tak hanya pelakunya saja yang akan merasakan dampak positifnya.

Lebih dari itu, PHBS dalam rumah tangga akan menjadi sebuah kebiasaan baru yang menyehatkan bagi seluruh anggota keluarga. Pada kelanjutannya, hal ini akan berdampak pada tumbuh kembang anak.

Karena kebersihan yang selalu terjaga, anak-anak akan terhindar dari kuman yang dapat menyebabkan penyakit.

Sementara lewat makanan yang menyehatkan, mereka akan mendapatkan nutrisi seimbang dan lengkap untuk mendukung pertumbuhan hingga kecerdasannya.

6. Melestarikan kebersihan dan keindahan lingkungan

Kebersihan yang selalu terjaga akan membuat kondisi lingkungan menjadi lebih indah. Hal semacam ini tentu akan berdampak secara psikologis kepada orang yang tinggal di lingkungan tersebut. Mereka akan jadi lebih nyaman dan betah tinggal di sana.

7. Bisa bersikap secara positif

Tubuh yang terbebas dari penyakit, lebih bugar, dan produktif akan membuat Anda mampu berpikir dan bersikap secara positif. Saat hal ini terjadi, maka akan jauh lebih mudah untuk menghadapi dunia yang penuh kesibukan dan kadang bisa bikin stres sendiri.

Dengan kemampuan untuk berpikir dan bersikap secara positif, seseorang juga akan lebih mudah menggapai kebahagiaan hidupnya. Apa pun bentuknya.

Contoh pola hidup bersih dan sehat

Contoh Pola Hidup Bersih Dan Sehat

Agar lebih jelas, berikut ini kami rangkum beberapa contoh PHBS yang bisa Anda lakukan:

1. Menjalankan pola makan sehat bergizi dan seimbang

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengonsumsi dan menerapkan pola makan sehat bergizi dan seimbang. Salah satu contohnya adalah dengan rutin mengonsumsi buah dan sayur, menjaga menu makanan agar lengkap sesuai 4 sehat 5 sempurna, dll.

Hentikanlah kebiasaan mengonsumsi makanan yang tidak sehat karena dampaknya tidak bagus untuk kesehatan. Mengonsumsi makanan yang tidak sehat berarti menunjukkan bahwa Anda tidak menerapkan PHBS.

2. Membersihkan, menjaga, dan menegakkan ciri lingkungan yang sehat

Selain mengonsumsi makanan sehat dan menghindari yang tidak sehat, Anda juga harus menjaga kebersihan lingkungan. Paling tidak, silakan kondisikan supaya daerah di sekitar Anda memenuhi ciri-ciri lingkungan yang sehat.

Beberapa hal yang bisa dilakukan adalah:

Mencuci tangan dengan sabun

Sering-seringlah mencuci tangan dengan sabun. Misalnya saat mau makan, ketika selesai bermain atau melakukan aktivitas tertentu, dll.

Menggunakan air bersih

Air bersih merupakan salah satu indikator penting dalam PHBS. Keberadaan air bersih juga menunjukkan bahwa sanitasi di lingkungan tersebut baik.

Menggunakan toilet untuk buang air

Dunia sudah semakin maju, jangan sampai Anda tidak menggunakan toilet untuk buang air. Baik itu buang air besar maupun kecil. Hindari buang air sembarangan karena ini bisa mengganggu keindahan dan kesehatan lingkungannya.

Menjaga kebersihan diri

Jagalah kebersihan diri secara rutin dengan mandi minimal 2 kali sehari, menggosok gigi secara rutin, memotong kuku, dan yang lainnya. Gunakan sabun, sampo, dan peralatan mandi lainnya.

Membuang sampah pada tempatnya

Membuang sampah pada tempatnya harusnya sudah menjadi kebiasaan dini yang diterapkan sejak masih anak-anak. Kebiasaan ini akan memberikan dampak positif kepada keluarga dan lingkungan pada umumnya. Salah satu dampaknya adalah terhindar dari banjir.

Kalau di daerah Anda belum ada bank sampah, alangkah baiknya jika mau berinisiatif untuk membuat bank sampah agar pengelolaannya menjadi lebih baik.

Memberantas sarang nyamuk

Nyamuk sangat senang tinggal di area yang kumuh, dekat selokan, air menggenang, atau yang lain. Untuk menguranginya, bersihkanlah lingkungan secara rutin, tutup lubang, buang kaleng bekas, dan jangan biarkan air menggenang.

3. Mengenal bahaya merokok dan tidak merokok di dalam rumah

Berikutnya, Anda harus mengenal bahaya merokok bagi kesehatan. Dengan begitu, kesadaran untuk tidak merokok di dalam rumah dan lingkungan akan terbangun.

4. Melakukan persalinan dengan bidan

Saat butuh persalinan, datanglah ke bidan atau tenaga kesehatan terdekat. Hal ini karena mereka adalah tenaga kesehatan yang sudah mempelajari ilmunya dengan benar.

5. Menjalankan olahraga yang aman dan sehat (rutin melakukan aktivitas fisik)

Beraktivitas secara fisik juga menjadi salah satu pola hidup bersih dan sehat yang harus diterapkan. Anda bisa mulai menjalankannya dengan cara memilih olahraga yang aman dan sehat. Kemudian, melakukannya secara rutin di sekitar rumah.

6. Menimbang bayi dan balita setiap bulan

Agar tumbuh kembang bayi menjadi lebih baik, sebaiknya timbanglah setiap bulan.

7. Memberi ASI eksklusif

Memberikan ASI secara eksklusif selama 6 bulan pertama setelah melahirkan sangat penting buat bayi. ASI memiliki kandungan yang lebih kompleks sekaligus cocok buat kesehatan bayi.

8. Tidak mengonsumsi NAPZA

Narkotika dan zat-zat aditif lainnya harus dihindari. Dengan begini, terciptalah PHBS sesuai dengan program yang dicanangkan pemerintah.

Itulah beberapa informasi mengenai pola hidup bersih dan sehat yang bisa diterapkan dari diri sendiri sejak dini. Mari kita ikuti programnya dan hiduplah dengan lebih sehat.

Kesehatan
10 Manfaat Jahe untuk Kesehatan dalam Kehidupan Sehari-hari
Kesehatan
8 Makanan Pantangan Amandel. Peradangan di Area Belakang Rongga Mulut
Kesehatan
6 Penyebab Penyakit Jantung Koroner – Penyempitan Arteri Penyebab Kematian
There are currently no comments.