Kesehatan

Contoh Pola Makan Sehat Bergizi dan Seimbang + Manfaatnya


Pola makan sehat bergizi dan seimbang harus diterapkan sejak dini agar perkembangan dan pertumbuhan bisa berjalan dengan baik.

Selain itu, penerapan pola makan yang tepat dan bergizi juga bisa menghasilkan kesehatan tubuh secara menyeluruh dari anak-anak hingga dewasa.

Artikel ini akan membahas lebih lengkap mengenai contoh dan manfaat pola makan yang sehat dengan gizi seimbang. Selamat membaca.

Pedoman pola makan sehat bergizi dan seimbang

Sebelum membahas lebih jauh mengenai contoh dan manfaatnya, Anda perlu tahu dulu apa itu gizi seimbang dan pedoman untuk menjalankannya.

Pedoman Pola Makan Sehat Bergizi Dan Seimbang

Pengertian gizi seimbang

Definisi gizi seimbang merujuk pada asupan makanan yang disesuaikan dengan jenis dan nilai gizinya berdasarkan kebutuhan tubuh harian masing-masing orang.

Merujuk dari pengertian ini, dapat diketahui bahwa masing-masing orang membutuhkan jumlah asupan gizi harian yang berbeda. Bahkan, fungsinya pun bisa jadi berbeda pada tingkatan umur tertentu.

Sebagai contoh, pemenuhan gizi secara seimbang untuk anak-anak lebih banyak dipakai untuk pertumbuhan dan perkembangannya.

Sementara pada orang dewasa, pemenuhan gizi yang seimbang dimaksudkan untuk mendapatkan zat gizi yang secara kualitas dan kuantitas memadai. Fungsi lainnya adalah agar kehidupan sehari-hari bisa berjalan dengan baik.

Pedoman gizi seimbang menurut Kemenkes RI

Berikut ini adalah 10 pedoman yang harus Anda tahu untuk menegakkan prinsip gizi yang seimbang:

  1. Membiasakan diri untuk mengonsumsi makanan pokok beraneka ragam.
  2. Membatasi makanan berlemak, manis, dan asin.
  3. Melakukan aktivitas fisik guna mempertahankan berat badan ideal.
  4. Mencuci tangan pakai sabun di air mengalir.
  5. Mengonsumsi lauk yang mengandung protein.
  6. Sarapan.
  7. Meminum air putih yang cukup.
  8. Mensyukuri dan menikmati ragam makanan.
  9. Memperbanyak memakan buah dan sayur.
  10. Membiasakan diri untuk membaca label pada makanan kemasan.

Dari kesepuluh pedoman di atas, ada 4 pilar utama yang harus Anda tahu, di antaranya adalah:

  1. Mengonsumsi aneka ragam makanan.
  2. Menerapkan perilaku hidup bersih.
  3. Rutin dalam melakukan aktivitas fisik.
  4. Mampu mempertahankan berat badan normal sesuai Indeks Masa Tubuh atau IMT.

Itulah beberapa pedoman ringkas yang harus diikuti agar bisa menerapkan pola hidup bersih dan sehat dengan gizi seimbang.

Contoh pola makan sehat dan seimbang

Berikut ini beberapa contoh penerapan pola makan yang sehat dan seimbang:

Menambah asupan protein

Protein merupakan salah satu pondasi utama pembentuk otot, hormon, kulit, dan hampir semua sel serta jaringan tubuh. Maka dari itu, penting memasukkan makanan berprotein ke dalam menu sehari-hari.

Mengonsumsi lemak sehat (baik)

Ada banyak lemah sehat yang bisa Anda pilih. Contohnya lemak dari tumbuhan seperti minyak zaitun dan alpukat.

Memilih karbohidrat kompleks

Meski orang Indonesia senang makan nasi, tapi tak ada salahnya Anda mencoba memakan karbohidrat kompleks yang bikin kenyang lebih lama.

Menambahkan yogurt saat mengonsumsi buah

Buah dan sayur adalah contoh makanan yang wajib ada di menu harian. Nah, saat makan buah, Anda bisa menambahkan yogurt.

Tahu akan pentingnya serat

Serat kaya akan manfaat. Anda bisa mendapatkannya dari sayur dan buah-buahan.

Menghindari makanan yang perlu dihindari

Ada banyak makanan yang perlu dihindari bila ingin menerapkan pola hidup sehat, di antaranya adalah makanan junk food.

Meminum air putih sesuai kebutuhan tubuh

Air putih menjadi kebutuhan dasar manusia. Cukupilah kebutuhan harian berdasarkan berat badan masing-masing.

Beraktivitas fisik secara rutin

Kalau Anda tidak punya waktu untuk berolahraga secara rutin. Paling tidak, biasakanlah untuk berjalan kaki atau berlari pagi.

Manfaat pola makan sehat bergizi seimbang

Di antara manfaat menerapkan pola makan yang sehat adalah:

  1. Mengurangi risiko penyakit kronis.
  2. Menjaga berat badan ideal.
  3. Organ tubuh bisa berfungsi maksimal, dll.

Itulah pedoman dan contoh pola makan yang sehat bergizi seimbang. Penerapan yang tepat dan disiplin bisa memberikan manfaat yang luar biasa. Jadi selamat mencoba.

Sumber:

Eatingwell.com. https://www.eatingwell.com/article/287742/10-amazing-health-benefits-of-eating-more-fiber/

WebMD.com. https://www.webmd.com/diet/features/4-steps-healthy-lifestyle#1

Kesehatan
11 Manfaat Nanas untuk Kesehatan Pria Wanita yang Lengkap
Kesehatan
8 Manfaat Makan Rumput Laut – Dari Diabetes hingga Jantung
Kesehatan
7 Makanan untuk Wanita Menopause – Atasi Gejala dan Hindari Penyakit
There are currently no comments.