Teknologi

Ada apa dengan Lightroom?


Memilih aplikasi pengeditan foto yang sesuai kebutuhan kita bisa jadi merupakan hal yang sangat menyulitkan bagi beberapa orang karena ada begitu banyak pilihan. Salah satu software paling populer di internet ataupun aplikasi android adalah Adobe Lightroom. Banyak fotografer menganggapnya telah memenuhi standar pengolahan gambar. Tetapi program ini juga salah satu yang termudah untuk dipelajari dan dinavigasi.

Apa Itu Adobe Lightroom?

Untuk beberapa waktu, fotografer hanya memiliki sedikit pilihan dalam hal pengeditan foto.

Selama bertahun-tahun, Photoshop adalah perangkat lunak pengeditan yang dominan di pasaran  yang memiliki begitu banyak fitur namun juga memiliki beberapa kekurangan. Hal ini menantang untuk dipelajari karena memiliki pengaturan yang tidak digunakan oleh sebagian besar program fotografi..

Best Lighroom Presset

Best Lighroom Presset

Tidak semua fotografer perlu mengedit foto mereka secara menetail. Kebanyakan dari mereka hanya perlu penyesuaian eksposur sederhana dan manajemen warna. Di situlah Lightroom berperan, ini menyederhanakan proses pengeditan dan memiliki antarmuka yang ramah pengguna.

Apa yang dapat dikerjakan Adobe Lightroom?

Lightroom adalah konverter RAW. Saat Anda menambahkan gambar, itu mengatur jenis file di latar belakang. Saat Anda menggunakan perangkat lunak lain, Anda mungkin harus menggunakan program lain untuk mengedit dan mengonversi.

Lightroom mendukung gambar dalam semua jenis format. Beberapa di antaranya termasuk TIFF, DNG, dan JPEG. Tetapi juga kompatibel dengan CR2 dan NEF, yang merupakan jenis file RAW dari Canon dan Nikon. Jika Anda menginginkan informasi lebih lanjut tentang jenis file RAW dan JPEG, lihat artikel ini.

Mereka yang akan mendapatkan hasil maksimal adalah fotografer yang menangkap dan memproses banyak gambar RAW atau JPEG dengan cepat. Berikut adalah artikel bagus tentang cara menggunakan Develop Module Adobe Lightroom.

Adobe Lightroom adalah tempat sebagian besar fotografer memulai perjalanan mereka dalam mengedit foto. Dengan program ini, Kita dapat melakukan apa saja karena program ini serba guna dan mudah digunakan.

Lightroom CC memiliki tampilan yang sederhana yang memungkinkan user untuk mengatur dan memproses gambar lebih mudah. Pengguna bahkan dapat menggunakannya untuk mencetak dan berbagi file.

Di versi terbaru, sekarang juga memungkinkan user membuat album buku dari foto-foto. Dan pengguna juga dapat menggunakan peta virtual untuk memberi geotag pada gambar?

Lightroom berfokus pada kecepatan saat bekerja dengan ratusan, bahkan ribuan gambar. Program ini bertindak seperti perpustakaan, dengan folder yang dapat diakses dengan mudah yang dapat pengguna atur. Klik sederhana memungkinkan kita untuk memproses gambar, kemudian menggunakan pengaturan yang sama tersebut pada beberapa gambar.

Apa yang membuat Lightroom menjadi yang terbaik dalam hal pengolahan gambar adalah fitur pengeditan tanpa merusak aslinya. Itu berarti Anda dapat mengatur ulang pengaturan dan penyesuaian sehingga Anda dapat mengerjakan foto aslinya lagi.

Semua fitur hebat ini menjadikan Lightroom paket perangkat lunak paling populer untuk fotografer.

Apakah Lightroom Bagus untuk Pemula?

Lightroom adalah alat profesional untuk fotografer. Sebagian besar penyesuaian yang ingin Anda terapkan pada gambar semuanya ada dalam satu paket. Ini juga cocok untuk orang yang sering mengambil banyak gambar dari foto hewan peliharaan hingga proyek dokumenter jalanan.

Fotografer  mendapatkan banyak mode dari program ini karena kontrol yang diberikannya kepada pengguna lebih lengkap dan mudah. Ada panduan di awal penggunaan program ini.

Lightroom cukup intuitif meskipun banyak fitur yang ditawarkannya. Sudahkah Anda mencoba menggunakan aplikasi pengeditan di ponsel Anda dengan preset dan slider penyesuaian? Maka memahami konsep aplikasi ini seharusnya tidak sulit sama sekali.

Pada awalnya, antarmuka pengguna Lighroom tampak menyulitkan karena menyertakan begitu banyak elemen. Namun setelah Anda terbiasa dengan lokasi settingan yang berbeda, Kamu akan menemukan bahwa alat ini sangat mudah digunakan. Saya bahkan berani bertaruh bahwa Kamu dapat mempelajari dasar-dasar program ini dalam waktu kurang dari tiga puluh menit!

Saat Anda berada di Develop Module, hanya ada dua elemen yang perlu Anda pertimbangkan. Yang pertama adalah bagian Preset. Di sinilah Anda dapat menemukan berbagai filter yang dapat Anda gunakan pada foto Anda.

Di sisi kanan layar adalah bagian tempat Anda membuat penyesuaian. Menggunakannya sudah cukup jelas untuk sebagian besar. Apakah pengguna ingin mengubah keterpaparan foto, kontras, dan parameter lainnya? Kemudian yang harus kamu lakukan adalah menggerakkan slider untuk membuat perubahan. Ini berfungsi seperti aplikasi pengeditan ponsel Anda, jadi tidak akan sulit untuk menguasainya.

Tentu saja, Lightroom menawarkan lebih dari sekadar preset dan penyesuaian eksposur / warna. Fitur yang lebih canggih mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk dipahami dan dikuasai. Namun dibandingkan dengan Photoshop, mempelajari dasar-dasar software ini tidaklah sulit.

Mana yang Lebih Baik: Photoshop atau Lightroom?

Anda tidak boleh memilih antara Photoshop atau Lightroom. Masing-masing memiliki cara mengedit foto yang berbeda. Jadi, Anda harus menggunakan masing-masing sesuai dengan kemampuannya.

Anda menggunakan Photoshop untuk menjalankan teknik pengeditan lanjutan. Bisa apa saja mulai dari membersihkan noda hingga menghilangkan latar belakang pada gambar.

Tentu saja, Photoshop juga dapat melakukan koreksi warna dan penyesuaian eksposur. Tetapi ini bukan yang paling nyaman untuk digunakan karena ada begitu banyak parameter yang perlu dipertimbangkan.

There are currently no comments.