Bisnis Lokal

Cara Menggambar Batik di Buku Gambar yang Mudah


Cara menggambar batik di buku gambar yang mudah bisa dilakukan oleh pemula dengan memanfaatkan pensil. Kamu bisa menggambar batik bunga di buku gambar A4 ataupun A3 sederhana.

Gambar Cara Menggambar Batik Di Buku Gambar Yang Mudah

Gambar Cara Menggambar Batik Di Buku Gambar Yang Mudah

Batik sendiri merupakan karya seni milik bangsa Indonesia. Meskipun simpel, gambar bermotif ini sudah turun temurun sejak zaman nenek moyang terdahulu. Batik bisa diartikan sebagai karya seni gambar atau lukis pada kain dengan menggunakan cairan parafin dan perlengkapan canting.

Lantas, bagaimana cara menggambar batik di buku gambar yang mudah? Simak ulasan berikut ini.

Cara Menggambar Batik di Buku Gambar yang Mudah

1.Menggambar lekukan panjang dari ujung satu ke ujung lain pada buku gambar A4. Untuk kamu yang memakai kerta A3 bisa menyesuaikan.

  1. Membuat lengkungan di sebelah lengkungan awal seperti bentuk ombak
  2. Mengulangi langkah yang sama seperti uraian di atas namun dengan bentuk lengkungan terbalik dari sebelumnya.
  3. Kemudian, gambar motif bungan sesuai selera di pojok kiri bawah.
  4. Buatlah motif bunga menjadi lebih apik
  5. Balik buku gambar mu, lalu gambar bunga satu lagi di pojok bawah seperti sebelumnya.
  6. Lanjutkan sampai bunga selesai dan berbentuk sama dengan bunga yang sudah kamu gambar sebelumnya.
  7. Membuat garis lengkungan seperti awal tadi dan berilah jarak yang sama
  8. Membuat garis lengkungan di sebelahnya sampai selesai.
  9. Membuat arsiran batik menggunakan pasir
  10. Gambar batik sudah jadi dan siap untuk dikumpulkan maupun di pajang

Cara menggambar batik di buku gambar yang mudah ini sebaiknya dipelajari oleh para generasi penerus bangsa. Dengan demikian, peninggalan batik ini akan terus terjaga dan berkembang dari zaman ke zaman.

Usahakan untuk belajar bagaimana cara menggambar batik yang benar. Meskipun terlihat sangat rumt, namun jika kamu mau berlatih, maka ini bisa menjadi hal mudah. Kamu bisa memulainya dari pola simpel. Misalnya seperti motif geometris yang cukup gampang digambar secara sederhana di kertas.

Jika kamu sudah mahir dalam memahami satu tipe motif batik yang simpel, selanjutnya kamu bisa mempelajari berbagai motif lain yang lebih rumit dengan tema lingkungan. Misalnya seperti motif hewan (batik fauna), motif bunga serta berbagai macam batik yang dikembangkan dari sejumlah wilayah di Indonesia.

Contohnya saja seperti batik pekalongan, batik Solo, batik Cirebon dan juga gambar batik pensil yang lain. Umumnya gambar batik ini sering kita jumpai pada motif-motif kain batik dengan tampilan yang cantik serta menawan.

Jika kamu memiliki baju batik dengan motif beraneka ragam dan sederhana, maka kamu bisa mencoba menggambarnya di kertas ataupun buku gambar. Ini bisa membantumu dalam mencari inspirasi motif batik yang nampak bagus dan menawan.

Baca Juga : Cara Membuat Kerajinan dari Kain Perca yang Mudah

Cara menggambat batik bunga sebenarnya gampang dan simpel jika kita tlaten dan mau berusaha membuat kreasi gambar yang sempurna. Bagi kamu yang tertarik untuk mencoba menggambar batik, maka kamu bisa menerapkan beberapa langkah yang sudah saya sebutkan di atas.

Adapun sebelum memulai untuk menggambar, kamu harus mempersiapkan peralatan menggambarnya yakni kertas gambar, penghapus, pensil, penggaris dan pewarna.

Nah, itu tadi uraian mengenai cara menggambar batik di buku gambar yang mudah untuk kamu terapkan. Meskipun terkesan sulit, namun dengan ketelatenan dan usaha maka bukan tidak mungkin hasil batik yang kamu gambar akan sempurna. Selain itu, menggambar batik juga menjadi salah satu cara untuk melestarikan budaya Indonesia.

 

Bisnis Lokal
Cara Mudah Mengajarkan Anak TK Menggambar
Bisnis Lokal
Cara Membuat Rumah Rumahan dari Kardus yang Mudah
Bisnis Lokal
Cara Membuat Mainan dari Botol Bekas yang Mudah
There are currently no comments.