Bisnis Lokal

Cara Membuat Kerajinan dari Kain Perca yang Mudah


Saat sekolah dulu, tentu Anda sudah akrab dengan pemakaian barang bekas untuk dijadikan sebaai kerajinan tangan. Akan tetapi siapa sangka, apa yang dulu Anda pelajari tersebut ternyata bisa menghasilkan keuntungan. Apakah ingin membuat kerajinan tangan dari kain perca tetapi bingung harus memulai dari mana? Berikut cara membuat kerajinan dari kain perca yang mudah yang bisa Anda coba!

"Gambar

3 Cara Membuat Kerajinan dari Kain Perca yang Mudah

1.Kreasi Tas dari Kain perca

Jangan pernah meremehkan tas sederhana yang dibuat dari kain perca. Walaupun dibuat dari kain perca, namun dengan sentuhan tangan berbakat serta kreativitas tinggi maka Anda bisa mendapatkan tas yang menawan dan cantik. Cara membuat kerajinan dari kain perca yang mudah adalah sebagai berikut ini.

Adapun alat-alat dan bahan-bahan yang diperlukan adalah sebagai berikut :

  • Kain perca polos dan motif
  • Benang jahit
  • Busa angin tipis sebagai lapisan dalam
  • Aksesoris atau hiasan tas
  • Resleting

Adapun detail cara membuat tas kain perca cantik :

  • Langkah pertama yakni membuat pola tas tangan cantik di atas kertas
  • Kemudian potong kain perca supaya mempunyai ukuran yang sama serta menyatukan kain dengan cara dijahit
  • Jika kain perca tersebut sudah menyatu dan terbuat lembaran yang lebar, selanjutnya gunting kain tersebut dengan mengikuti pola yang sebelumnya sudah Anda buat. Buatlah potongan yang lebih 2 cm dari pola yang sudah Anda buat sebagai lipatan
  • Kemudian tambahkan busa angin pada kain, lalu jait di bagian sisinya
  • Langkah berikutnya yakni dengan membuat tali pegangan dari kain perca serta menyesuaikan dengan pola. Anda bisa menambahkan lapisan dengan busa lalu jahit serta pasangkan pada kerajinan tas Anda
  • Pasang resleting serta aksesoris tas agar tampilannya lebih cantik
  • Tas sudah siap untuk digunakan.

2.Syal dari Kain Perca

Apakah Anda punya rencana untuk berpergian jauh di tempat yang dingin. Jika iya, Anda bisa membuat syal sebagai penghangat ketika hawa dingin menyerang maupun saat perjalanan. Anda bisa memiliki syal cantik dari bahan kain perca dengan cara membuatnya sendiri.

Untuk ukuran syal nya Anda dapat membuat ukuran 10 cm x 50 cm. Supaya syal menjadi lebih cantik serta hangat, Anda dapat memiih kain perca dengan pemilihan warna yang terang. Kemudian, potong kain perca tersebut dengan beragam bentuk misalnya segitiga dan persegi lalu jahit pada kain tebal maupun kain selimut yang berwarna gelap. Syal kain perca pun sudah jadi dan siap untuk menemani perjalanan Anda.

Baca Juga : Cara Memakai Henna di Tangan yang Mudah

3.Kerajinan pouch Kain Perca yang Unik

Untuk kaum wanita, pemakaian pouch atau tas kecil multifungsi sering dipakai untuk berbagai keperluan. Misalnya saja untuk wadah koin, aksesoris dan juga kosmetik. Daripada membeli di pasaran, Anda bisa membuat pouch cantik sendiri dari kain perca.

Cara membuat kerajinan tangan menggunakan kain perca bisa Anda mulai dari menyiapkan kain perca polos dengan warna terang atau putih lalu potong sesuai ukuran. Kemudian, gambar pola sesuai keinginan Anda. Selanjutnya, tempelkan potongan kain yang Anda siapkan. Jika Anda ingin menempel dengan kuat, maka Anda bisa menjahitnya.

Nah, itu tadi cara membuat kerajinan dari kain perca yang mudah untuk Anda coba. Dari pada dibuang sia-sia, Anda bisa memanfaatkan kain perca menjadi kerajinan tangan yang cantik dan memiliki nilai guna. Selain itu, Anda juga bisa menjual hasil kerajinan tangan ini untuk mendapatkan keuntungan yang cukup lumayan.

Bisnis Lokal
Cara Menggambar Batik di Buku Gambar yang Mudah
Bisnis Lokal
Valentino Gress, Showroom Interior Lantai Premium
Bisnis Lokal
Cara Menggambar Batik Bunga Yang Mudah
There are currently no comments.