Bisnis Lokal

Cara Membuat Kerajinan dari Bahan Alam yang Mudah Dibuat


Membuat kerajinan dari bahan alam merupakan suatu warisan yang sudah turun-temurun ada di Indonesia. Hingga saat ini masih banyak kerajinan dari bahan-bahan alam yang bisa ditemukan pada pasar-pasar tradisional. Bahkan, hasil dari kerajinan bahan alam ini masih terpakai dan digunakan hingga saat ini oleh banyak masyarakat.

Gambar Cara Membuat Kerajinan Dari Bahan Alam Yang Mudah Dibuat

Dengan sumber daya yang mudah ditemukan serta kreativitas yang tinggi, maka tak jarang banyak orang mencoba membuat sebuah kerajinan dari bahan-bahan alam yang mereka temukan. Bahan alam yang sering digunakan dalam membuat kerajinan salah satunya ialah tanah liat. Lantas bagaimanakah cara membuat kerajinan dari bahan alam yang mudah dibuat? Yuk simak ulasan berikut.

Apa itu Kerajinan Bahan Alam?

Bagi kamu yang belum mengetahui, kerajinan bahan alam merupakan sebuah kerajinan yang proses pembuatan berbahan dasar dari material alam seperti tanah dan lainnya. Hasil kerajinan ini bisa kamu temui di banyak tempat, seperti toko guci dan juga toko pot bunga. Selain itu ketupat yang menjadi ciri khas makanan orang Indonesia ketika lebaran juga dibuat dari kerajinan bahan alam.

Manfaat Membuat Kerajinan dari Bahan Alam

Jika membicarakan sebuah manfaat, maka kerajinan pasti memiliki manfaat yang banyak. Salah satu manfaat dari membuat sebuah kerajinan ialah sebagai sumber penghasilan. Selain itu kerajinan yang dibuat dengan sungguh-sungguh, akan memiliki daya pikat dan penampilannya menarik. Sehingga kerajinan tersebut mengundang keinginan seseorang untuk mengoleksi dan membelinya.

Selain itu karena penggunaan bahan-bahan yang bisa didapatkan dengan mudah, kerajinan yang berasal dari bahan alam menjadi salah satu kerajinan yang murah dalam pembuatan. Sebab itulah kenapa banyak pengrajin dari bahan alam yang masih bertahan dan eksis di Indonesia hingga saat sekarang.

Walaupun demikian ternyata dalam membuat kerajinan berbahan dasar alam, ternyata tidak segampang yang dipikirkan. Dibutuhkan sebuah proses dan pembiasaan agar kerajinan yang dibuat terlihat bagus dan menarik perhatian. Karena bagaimanapun juga hasil akhir dari sebuah kerajinan tetap ditentukan oleh seberapa ulet dan tekun seseorang yang membuatnya.

Baca Juga : Cara Membuat Rumah Rumahan dari Kardus yang Mudah

Cara Membuat Kerajinan Pot Berbahan Alam Tanah Liat

Dalam membuat kerajinan berbahan alam tanah liat, bahan yang kamu butuhkan hanyalah tanah liat dan air. Dalam pembuatan pot ini juga tidak terlalu susah, akan tetapi membutuhkan sedikit kesabaran agar menghasilkan pot yang bagus. Berikut tata cara membuat kerajinan bahan alam berupa pot bunga dari tanah liat :

  • Ambillah tanah liat sesuai kebutuhan dan campurkan dengan air secukupnya.
  • ¬†Guling-gulingkan tanah liat tersebut sambil menekannya dengan tangan agar tanah liat tersebut perlahan-lahan menjadi lunak. Tambahkanlah sedikit air jika tekstur tanah liat dirasa masih keras. Lakukanlah cara ini secara terus-menerus hingga tanah liat mendapatkan tekstur yang kamu inginkan.
  • Potonglah tanah liat menjadi beberapa bagian, lalu gulung tanah liat hingga berbentuk tongkat panjang berukuran 30 cm. Ukuran ini bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan yang akan digunakan.
  • Bentuklah tanah liat tadi menjadi lingkaran berbentuk obat nyamuk tanpa rongga sesuai ukuran yang diinginkan. Setelah itu gabungkan gulungan tersebut hingga menjadi lantai dari pot yang ingin dibuat.
  • Jika sudah maka langkah selanjutnya gulung kembali tanah liat yang sudah dipotong tadi di pinggir lantai. Tumpuklah gulungan tanah liat tersebut sesuai ketinggian tertentu.
  • Selanjutnya gabungkan tumpukan tersebut agar menjadi dinding pot, kamu dapat menggunakan air jika tanah liat yang digunakan sudah mulai mengering.
  • Lakukanlah langkah ini secara terus-menerus hingga mendapati ukuran ketinggian yang kamu inginkan. Jika sudah jemurlah pot tersebut dibawah sinar matahari hingga mengeras.

Itulah cara membuat kerajinan dari bahan alam yang mudah dibuat. Kamu dapat menggunakan ini untuk menambah koleksi pot pot bunga di rumah. Selain itu, cobalah untuk mengkreasikannya dengan model lain agar lebih beragam.

 

Bisnis Lokal
Cara Menggambar Batik di Buku Gambar yang Mudah
Bisnis Lokal
Cara Membuat Kerajinan dari Kain Perca yang Mudah
Bisnis Lokal
Cara Mudah Mengajarkan Anak TK Menggambar
There are currently no comments.