Bisnis Lokal

Cara Membuat Rumah Rumahan dari Kardus yang Mudah


Banyak barang bekas di sekitar kita yang bisa kita manfaatkan untuk meningkatkan kreatifitas kita. Diantaranya adalah botol bekas, kardus bekas, plastic, kertas dan lain sebagainya. Selain untuk melatih kreatifitas, memanfaatkan barang bekas juga bisa mengurangi penumpukan sampah sehingga kita juga bisa menjaga kebersihan lingkungan.

Gambar Cara Membuat Rumah Rumahan Dari Kardus Yang Mudah

Gambar Cara Membuat Rumah Rumahan Dari Kardus Yang Mudah

Di antara barang bekas yang ada, kardus merupakan salah satu barang bekas yang paling sering digunakan untuk membuat sebuah karya. Nah, di artikel kali ini akan dibahas tentang pemanfaatan kardus untuk membuat mainan anak yaitu rumah-rumahan. Anda ingin mencoba membuatnya? Yuk, langsung saja simak cara membuat rumah rumahan dari kardus yang mudah berikut ini.

Detail Cara Membuat Rumah Rumahan dari Kardus yang Mudah

Alat dan Bahan

Sebelum melangkah ke cara membuat rumah rumahan dari kardus yang mudah , anda perlu menyiapkan beberapa alat dan bahan yang akan digunakan. Alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat rumah-rumahan dari kardus adalah sebagai berikut:

  • Kardus bekas
  • Gunting
  • Cutter
  • Penggaris
  • Pensil
  • Lem UHU
  • Pewarna dan kuas

Cara Pembuatan

Jika semua alat dan bahan di atas sudah anda siapkan maka anda bisa langsung melangkah ke tahap pembuatan rumah-rumahan dari kardus.

Cara membuat rumah rumahan dari kardus yang mudah ada beberapa langkah. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:
1.Ambillah kardus yang sudah anda siapkan kemudian gambarlah pola rumah dengan ukuran yang sesuai. Pola yang harus anda buat adalah pola lantai yaitu berbentuk persegi ataupun persegi panjang tergantung bentuk rumah yang anda inginkan. Gunakan penggaris agar ukuran antar sisi yang berhadapan sama panjang.

2.Buatlah ukuran lantai yang lebih luas dari pada ukuran panjang dinding rumah. Kemudian membuat pola dinding, pola atap, dan pagar jika gunting. Usahakan potongan tersebut rapi dan tidak berkurang ukurannya. Gunakan cutter untuk melubangi jendela dan pintu yang tadi sudah digambar.

3. Setelah semua pola digunting, rekatkan ujung dinding dengan ujung yang lainnya menggunakan lem UHU. Kemudian tambahkan lem UHU pada bawah dinding dan rekatkan dengan lantai. Lipatlah atap yang sudah digunting tadi menjadi dua bagian.Letakkan di atas dinding dan rekatkan dengan lem UHU.

4. Cara membuat rumah rumahan dari kardus yang mudah selanjutnya adalah letakkan bentuk pagar yang sudah anda siapkan tadi mengelilingi rumah yang sudah menempel pada lantai. Rumah-rumahan dari kardus sudah jadi.

Baca Juga : Cara Menggambar Rumah Mewah dengan Mudah

Proses Pewarnaan

Cara membuat rumah rumahan dari kardus yang mudah terakhir adalah proses pewarnaan. Pewarnaan ini termasuk proses opsional. Anda boleh saja tidak mewarnai rumah-rumahan tadi karena tanpa diwarnapun rumah-rumahan sudah bisa digunakan untuk bermain anak. Nah bagi anda yang ingin menambah keindahan rumah-rumahan dari kardus tadi, anda bisa mewarnainya menggunakan cat akrilik ataupun cat poster.

Mengapa pewarnaannya dilakukan setelah rumah-rumahan kardus sudah jadi? Nah, hal ini dimaksudkan agar pewarnaannya tidak terlalu banyak. Jadi anda hanya perlu mewarnai bagian yang terlihat dari luar tanpa perlu mewarnai interiornya. Apakah boleh pewarnaannya dilakukan sebelum proses pengeleman? Boleh saja. Itu bisa sesuai dengan keinginan anda.

Untuk proses pewarnaan ini anda cukup menggunakan lima warna dasar yaitu merah, kuning, biru, hitam, dan putih. Jika anda menginginkan warna lain anda bisa mencampurkan 2 warna yang ada misalnya kuning dan biru menjadi hijau, merah dan kuning menjadi orange. Jika anda ingin warnanya lebih gelap bisa ditambahkan warna hitam. Dan jika ingin warna lebih muda bisa ditambah warna putih.

Itulah cara membuat rumah rumahan dari kardus yang mudah yang bisa anda praktekkan di rumah. Semoga bermanfaat

Bisnis Lokal
Cara Membuat Mainan dari Botol Bekas yang Mudah
Bisnis Lokal
Artland Menteng, Pusatnya Peralatan Seni di Jakarta
Bisnis Lokal
Cara Membuat Kerajinan dari Kain Perca yang Mudah
There are currently no comments.