Bisnis Lokal

Cara Membuat Rumah dari Kardus yang Mudah dan Bagus


Membuat rumah dari kardus merupakan hobi unik yang jika ditekuni akan mendatangkan penghasilan. Bagi sebagian orang mungkin dianugrahi oleh keterampilan lebih sehingga mempunyai kreativitas yang tinggi dalam bidang seni. Namun tidak semua orang memiliki nasib yang sama, sehingga bagi sebagian orang membuat karya seni menjadi sedikit menyulitkan.

Gambar Cara Membuat Rumah Dari Kardus Yang Mudah Dan Bagus

Ilustrasi Cara Membuat Rumah Dari Kardus Yang Mudah Dan Bagus

Namun, walaupun menyulitkan bukan berarti membuat karya seni menjadi hal yang mustahil bagi seluruh orang. Jika Anda menekuni kegiatan ini, maka lambat laun juga akan terbiasa dan memiliki hasil karya dengan ciri khas sendiri.

Membuat Miniatur Rumah Berbahan Kardus

Bagi Anda yang ingin membuat sebuah miniatur rumah berbahan dasar kardus, namun tidak tahu bagaimana untuk memulainya. Maka Anda dapat mengikuti beberapa langkah sederhana berikut untuk dalam membuat miniatur rumah berbahan dasar kardus:

Bahan-bahan yang Diperlukan

Bahan-bahan yang akan digunakan ini dapat Anda sesuaikan dengan bahan yang bisa Anda sediakan. Berikut bahan-bahan dalam membuat miniatur rumah berbahan kardus :

  • Perekat berupa lem.
  • Gunting/pisau.
  • Cat (jika diperlukan).
  • Pensil dan penghapus.
  • Kertas karton yang lebih tipis namun tetap kaku.
  • Plastik hias dan lampu kecil.

Tata cara dan Langkah Pembuatan Miniatur Rumah Berbahan Kardus

Dalam membuat rumah dari kardus, Anda perlu melakukan beberapa langkah agar proses yang dilakukan tidak salah sehingga tidak terjadi pengulangan kerja :

1.Gambarlah Pola Rumah yang Ingin Dibuat Secara Detail

Setelah menyiapkan berbagai bahan dalam membuat miniatur rumah, maka langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan ialah menggambar sketsa rumah yang ingin dibuat. Anda tidak perlu membuat sketsa yang detail, asalkan Anda paham gambaran sketsa tersebut sudah cukup. Jangan lupa menggambar pintu dan jendela rumah sesuai ukuran yang ingin Anda buat.

2.Potong-potong Kardus

Jika Anda sudah membuat sketsa rumah yang akan dibuat, maka selanjutnya potonglah kardus yang sudah dipersiapkan tadi. Potonglah kardus sesuai dengan pola setiap bagian rumah termasuk pintu dan jendela. Anda dapat menggunakan gunting atau pisau dalam memotong kardus, usahakan potongan lurus agar mudah direkatkan nanti.

3.Rakit Potongan Kardus

Jika sudah selesai memotong kardus sesuai keinginan, maka langkah selanjutnya silahkan Anda rekatkan semua potongan tersebut. Rekatkanlah semua potongan tersebut sesuai tempat secara hati-hati agar tidak rusak. Anda bisa menggunakan lem untuk merekatkan potongan-potongan kardus tersebut.

4.Tempelkan Bagian Kecil Rumah

Setelah selesai merekatkan bagian besar rumah seperti dinding, atap, lantai dan lainnya. Maka langkah selanjutnya yang harus Anda tempelkan ialah bagian kecil rumah seperti jendela, pintu dan bagian kecil lainnya.

5.Warnai Rumah

Setelah selesai menempelkan semua bagian yang ada, maka langkah selanjutnya silakan beri warna miniatur rumah yang sudah dibuat. Anda bisa memadukan beberapa warna untuk membedakan antara interior yang ada, sehingga detail pada setiap bagian rumah menjadi terlihat.

Baca Juga : Cara Menggambar Rumah Mewah dengan Mudah

6.Berikan Hiasan Pendukung

Untuk membuat hasil rumah lebih memuaskan, Anda dapat memberikan hiasan penduduk seperti melapisi jendela dengan plastik atau menambah lampu kecil untuk menghidupkan suasana.

7.Finishing

Jika semua dirasa sudah selesai, maka langkah terakhir yang harus dilakukan ialah finishing. Pada tahap ini silahkan Anda buat tutup rumah berbentuk atap yang bisa di bongkar pasang, tujuan agar mudah melakukan perbaikan di kemudian hari jika diperlukan.

Itulah beberapa cara membuat rumah dari kardus yang mudah dan bagus. Anda dapat mengikuti step by step proses tersebut untuk menghasilkan rumah lainnya. Semoga artikel ini membantu Anda yang ingin mencoba membuat miniatur rumah dari kardus.

 

 

Bisnis Lokal
Cara Mudah Mengajarkan Anak TK Menggambar
Bisnis Lokal
Artland Menteng, Pusatnya Peralatan Seni di Jakarta
Bisnis Lokal
Cara Menggambar Batik Bunga Yang Mudah
There are currently no comments.