Bisnis Lokal

Cara Menggambar Batik Bunga Yang Mudah


Batik merupakan satu dari banyaknya budaya Indonesia yang telah diakui dunia. Di Indonesia sendiri ada banyak motif batik yang berkembang. Tidak hanya satu motif namun ada berbagai macam motif batik. Misalnya ada motif batik parang kusumo, kawung, mega mendung, sogan dan masih banyak lagi yang lainnya. Masing-masing motif batik tersebut memiliki makna yang mendalam. Jadi tidak heran jika terkadang detail motif tersebut terlihat sedikit rumit.

Ilustrasi Cara Menggambar Batik Bunga Yang Mudah

Ilustrasi Cara Menggambar Batik Bunga Yang Mudah

Selain motif-motif batik di atas, ada juga motif batik yang diciptakan dan didesain sendiri oleh pengrajin batik. Tentu saja setiap detail motif batik tersebut memiliki makna sendiri bagi penciptanya. Nah, jika Anda tertarik untuk membuat desain batik sendiri, sebaiknya Anda memulainya dengan belajar menggambar motif batik yang sederhana dahulu misalnya motif bunga. Bagaimana caranya? Ini dia tutorial cara menggambar batik bunga yang mudah dan sederhana.

Persiapan Menggambar

Sebelum masuk ke cara menggambar batik bunga yang mudah, silahkan persiapkan perlengkapan yang diperlukan untuk menggambar batik bunga. Perlengkapan yang dibutuhkan adalah kertas (HVS atau buku gambar), pensil, penghapus, penggaris, dan pewarna. Berilah alas pada kertas yang akan kamu gunakan untuk menggambar atau jika tidak ada pastikan tempat yang kamu gunakan untuk menggambar adalah tempat yang rata dan tidak berlubang.

Inilah Detail Cara Mudah Menggambar Batik Bermotif Bunga

Setelah melakukan persiapan menggambar, ikutilah langkah langkah-langkah menggambar batik motif bunga seperti di bawah ini:

1.Membuat Garis Lengkung

Cara menggambar batik bunga yang mudah bisa dilakukan dengan belajar membuat garis-garis lengkung. Garis lengkung tersebut bisa berbentuk seperti huruf C ataupun huruf S. Lakukan latihan tersebut hingga Anda merasa bahwa garis lengkung tersebut terlihat cukup sempurna.

2.Membuat Cabang

Gambarlah huruf S dengan ukuran yang agak besar. Setelah itu tarik garis cabang yang melengkung di sisi kanan dan kiri huruf S tersebut. Berilah jarak antara cabang yang satu dengan yang lainnya. Setelah selesai, gambar akan terlihat seperti batang bunga yang memiliki banyak cabang.

3.Membuat Lengkungan Penuh

Di ujung beberapa cabang tadi, gambarlah sebuah lengkungan penuh namun tidak sampai menempel pada cabang. Hasilnya nanti akan terlihat seperti sulur pada ujung tangkai buah labu.

4.Membuat Lingkaran

Langkah selanjutnya adalah membuat gambar lingkaran di ujung cabang yang tersisa. Buatlah lingkaran yang sedang. Jangan terlalu besar. Tambahkan ornamen di tengah lingkaran tersebut yaitu berupa 4 atau 5 garis lurus yang ditarik dari tepi lingkaran sebelah kanan ke tepi lingkaran sebelah kiri. Kemudian tambahkan lagi 4 atau 5 garis yang saling berpotongan dengan garis yang tadi sudah digambar.

5.Menggambar Kelopak Bunga

Untuk menggambar kelopak bunga, tambahkan minimal 4 garis C pada setiap tepi lingkaran tadi. Setelah semua lingkaran ditambahkan garis C, isilah kelopak bunga tersebut dengan garis arsir yang ditarik dari luar lingkaran tengah tadi. Tarik garis arsir sampai setengah kelopak bunga. maka Anda bisa melihat bunga dengan tangkainya.

6.Tambahkan Daun

Anda bisa menambahkan daun untuk mempercantik batik bunga Anda. Gambarlah beberapa daun di cabang ataupun di tangkai bunga yang sudah Anda gambar tadi. Setelah semua selesai, lakukan langkah terakhir yaitu pewarnaan.

Baca Juga : Cara Membuat Mie Yang Kenyal Dan Tidak Mudah Putus

Pewarnaan Gambar

Setelah gambar motif batik bunga Anda selesai, warnailah gambar tersebut sesuai dengan keinginan Anda. Biasanya gambar bunga cenderung berwarna merah dan tangkai berwarna coklat sedangkan daun berwarna hijau. Hal ini bukanlah sebuah kewajiban. Anda bisa mewarnainya sesuai dengan selera Anda. Karena masing-masing desain tentu memiliki arti atau pesan tersendiri.

Itulah pembahasan mengenai cara menggambar batik bunga yang mudah dan sederhana. Semoga tutorial di atas dapat memudahkan Anda belajar menggambar batik bunga. Selamat mencoba.

 

Bisnis Lokal
Artland Menteng, Pusatnya Peralatan Seni di Jakarta
Bisnis Lokal
Cara Membuat Rumah Rumahan dari Kardus yang Mudah
Bisnis Lokal
Cara Memakai Henna di Tangan yang Mudah
There are currently no comments.