Bisnis Lokal

Cara Mudah Mengajarkan Anak TK Menggambar


Mengajarkan anak menggambar sejak dini terbukti dapat membantu perkembangan motorik dan menumbuhkan rasa percaya diri. Usia TK merupakan usia paling baik dalam mengajarkan anak menggambar, karena pada usia ini anak tidak bisa terlalu ditekan untuk belajar serius.

Ilustrasi Cara Mudah Mengajarkan Anak Tk Menggambar

Ilustrasi Cara Mudah Mengajarkan Anak Tk Menggambar

Oleh sebab itu penting rasanya orang tua mengetahui bagaimana cara mengajar anak usia TK dengan baik. Tujuannya agar orang tua tidak salah dalam mengambil langkah ketika ingin mengajarkan anak sesuatu hal.

Langkah-Langkah Cara Mengajarkan Anak TK Menggambar

Berikut ini hal-hal yang harus diperhatikan oleh orang tua ketika mengajarkan anak usia TK menggambar :

1.Peralatan Menggambar Anak

Hal pertama yang harus orang tua lakukan dalam mengajarkan anak usia TK menggambar ialah menyediakan perlengkapan menggambarnya. Orang tua harus bisa menyiapkan serta memperkenalkan alat-alat menggambar yang akan digunakan oleh anak. Berilah dia alat yang mudah digenggam dan tidak berpotensi membahayakan dirinya ketika digunakan.

Saat ini banyak sekali alat menggambar yang bisa orang tua pilih. Sebab itu alangkah baiknya orang tua memberikan alat menggambar yang berbentuk menarik, agar peralatan tersebut dapat meningkatkan rasa ingin anak dalam menggambar.

2.Sediakan Kertas Gambar yang Aman

Dalam mempermudah anak usia TK menggambar, maka berikanlah dia kertas gambar yang aman dan cukup tebal. Tujuannya agar ketika anak menggambar, kertas tersebut tidak mudah tembus atau robek. Hal tersebut akan menambah kenyamanan anak dalam menggambar, karena anak memiliki semangat yang menggebu-gebu dalam membuat coretan.

Tujuan lain dari memberikan kertas gambar yang aman ialah untuk menghindari anak dari goresan yang dapat menyebabkan luka. Seperti yang diketahui anak usia TK belum bisa dikontrol dalam memperlakukan peralatan, sehingga alat yang memiliki tingkat ketajaman tertentu bisa sangat beresiko dalam memberikan anak luka.

3.Pilihlah Alat Warna yang Tidak Beresiko

Seperti yang diketahui memberikan warna pada gambar anak TK merupakan poin lebih untuk meningkatkan keinginan anak dalam menggambar. Dalam kasus ini, orang tua harus memberikan anak pewarna yang tidak beresiko ketika digunakan.

Ada banyak model alat warna yang bisa dipilih orang tua, seperti pensil karbon, pensil warna, krayon, spidol ataupun cat cair. Dalam memberikan anak alat warna, orangtua harus mempertimbangkan perilaku anak agar tidak terjadi hal buruk. Contohnya ketika anak suka memasukkan alamat ke dalam mulut, maka jangan sesekali orang tua memberikan dia akat warna krayon atau chat.

Baca Juga : Cara Membuat Kerajinan dari Bahan Alam yang Mudah Dibuat

Ketika sudah memperhatikan hal tersebut, maka langkah selanjutnya orang tua sudah bisa mengajari anak cara menggambar. Berikut langkah-langkah dalam mengajarkan anak TK menggambar :

  1. Berikanlah anak peralatan menggambar yang lengkap, mulai dari kertas, pensil serta pewarna.
  2. Kenalkanlah anak kepada objek objek sederhana terlebih dahulu seperti lingkaran, persegi, persegi panjang, segitiga, trapesium dan lain sebagainya.
  3. Berikanlah contoh gambar sekaligus cara menggambar kepada anak. Orang tua dapat membantu gambar sederhana terlebih dahulu dengan menggabungkan beberapa objek sederhana.
  4. Biarkan anak meniru gambar yang sudah orang tua buat, karena pada usia ini anak belum bisa berimajinasi tentang banyak hal.
  5. Jika sudah maka berikanlah anak alat warna yang menarik dan bisa digunakan untuk mewarnai gambar tersebut. Pada langkah ini, orang tua dapat mengajarkan anak kombinasi warna yang terdiri dari dua atau tiga warna.
  6. Jika anak sudah bisa menyelesaikan hal tersebut, langkah selanjutnya silah berikan anak buku yang sudah bergambar untuk dia warnai.
  7. Biarkan dia bereksperimen dan berkreasi tentang warna yang ingin dibuat.
  8. Ketika anak sudah mengerti tentang bentuk dan warna yang akan digunakan. Langkah selanjutnya orang tua sudah bisa melepaskan anak bereksperimen dengan memberikannya kertas kosong.

Dalam mengajarkan anak usia TK menggambar, orang tua harus memberikan sokongan yang lebih kepada anak. Jangan sungkan dalam memberikan pujian kepada gambar anak, walaupun gambar tersebut tidak terlihat seperti sebuah objek. Namun tetapi arahkanlah anak agar dia mengerti tentang objek gambar seperti mengajarkan dia menggambar tangan, menggambar kaki, hingga menjiplak.

Bisnis Lokal
Valentino Gress, Showroom Interior Lantai Premium
Bisnis Lokal
Cara Menggambar Batik Bunga Yang Mudah
Bisnis Lokal
Daftar Lengkap Alamat dan Kontak Optik Mikeda
There are currently no comments.